Home > Ragam Berita > Nasional > Maksimus Ramses : Tito Karnavian Diimbau Tidak Terpengaruh Intervensi

Maksimus Ramses : Tito Karnavian Diimbau Tidak Terpengaruh Intervensi

Jakarta – Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia Maksimus Ramses Lalongkoe memberikan imbauan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dia meminta Kapolri tidak terpengaruh intervensi dari pihak mana pun. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan tugas sebagai aparat penegak hukum.

Maksimus Ramses : Tito Karnavian Diimbau Tidak Terpengaruh Intervensi

Kapolri Tito Karnavian

Permintaan ini disampaikan Ramses menyusul adanya desakan ormas Front Pembela Islam (FPI) yang mendesak mencopot Kapolda Jawa Barat, Irjen Anton Charliyan.

Menurut Ramses, Kapolri memiliki kewenangan dan otoritas yang bersifat independen dalam mengangkat dan memberhentikan jabatan bawahannya. Otoritas ini tanpa ada tekanan bahkan intervensi politik pihak manapun termasuk lembaga DPR.

“Kapolri punya otoritas yang sifatnya independen dalam mengangkat dan memberhentikan anak buahnya,” ujar Ramses pada Selasa (17/1/2017).

Akademisi dari Universitas Mercu Buana (UMB) ini menambahkan, negara bisa rusak jika aparat kepolisian tunduk terhadap bentuk intervensi dalam menjalankan tugasnya.

Baca juga: Gatot Nurmantyo Beberkan Alasan Perangi Ormas Anti-Pancasila

Untuk itu, kata Ramses, Kapolri tidak boleh tunduk atau mengikuti desakan lembaga politik yang hanya akan menambah runyam persoalan. “Kapolri berdiri tanpa adanya tekanan atau intervensi politik pihak manapun,” katanya.

Seperti diberitakan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian diminta mencopot Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan karena menjadi pembina ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI).

Dalam Peraturan Kapolri (Perkap) No. 14/2011, Pasal 16 huruf d dikatakan, setiap anggota Polri dilarang: menjadi pengurus dan/atau anggota lembaga swadaya masyarakat dan organisasi kemasyarakatan tanpa persetujuan dari pimpinan Polri. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ketua MUI : "Tak Perlu Bicara Khilafah, Sudah Tidak Ada Lagi"

Ketua MUI : “Tak Perlu Bicara Khilafah, Sudah Tidak Ada Lagi”

Jakarta – Terkait dengan tersebarnya undangan acara International Khilafah Forum, ditanggapi oleh Ketua Umum MUI, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis