Home > Ragam Berita > Nasional > Polisi Minta Saksi Ahli dari BI Menjelaskan Logo di Uang Baru Yang Disebut Palu Arit

Polisi Minta Saksi Ahli dari BI Menjelaskan Logo di Uang Baru Yang Disebut Palu Arit

Jakarta – Jakarta – Pihak Kepolisian menginstruksikan Decyms selaku Direktur di Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), untuk memberikan keterangan terkait gambar palu arit yang diucapkan Rizieq Shihab.

Polisi Minta Saksi Ahli dari BI Menjelaskan Logo di Uang Baru Yang Disebut Palu Arit

Palu Arit di Uang Rupiah

“BI menjelaskan apakah logo itu merupakan gambar palu arit atau bukan kepada penyidik. Sehingga itu menjadi dasar kesaksian ahli,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Wahyu Hadiningrat di Mapolda Metro Jaya, Selasa (17/1/2017).

Sementara itu, Deputi Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Andi Wiana menjelaskan, Decymus mendapatkan 23 pertanyaan selama tujuh jam pemeriksaan.

Polisi pun banyak menanyakan beberapa hal terkait sistem pengamanan dan logo mata uang. Andi menjelaskan bahwa logo Bank Indonesia bukanlah palu arit. Logo tersebut dicetak oleh Peruri dengan sistem pengamanan rectoverso atau saling isi.

“Itu sistem pengamanan yang paling susah ditiru dan dipalsukan,” jelas Andi.

Andi mengungkapkan, istem pengamanan itu diadopsi Peruri sejak 2000. Selain rectoverso pada logo BI, ada 10 sistem pengamanan rahasia lainnya. Ia pun meminta masyarakat yang memiliki pertanyaan terkait uang dapat menelepon call center BI di 131.

Baca juga: Kunjungi Kawasan Semper, AHY Dengarkan Keluhan Pengusaha Tahu

“Pengamanan itu diperlukan agar masyarakat tenang dan yakin kalau uang yang dipegangnya itu asli,” ujar Andi. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sering Curhat di Medsos, Politisi PDIP Pertanyakan Sikap Kenegarawanan SBY

Sering Curhat di Medsos, Politisi PDIP Pertanyakan Sikap Kenegarawanan SBY

Jakarta – Salah seorang, Politisi asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Charles Honoris sangat menyayangkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis