Home > Ragam Berita > Nasional > Menkumham Berikan Lampu Hijau Pengusutan Ormas Yang Melanggar Hukum

Menkumham Berikan Lampu Hijau Pengusutan Ormas Yang Melanggar Hukum

Jakarta – Baru-baru ini, masyarakat diimbau untuk melaporkan individu atau organisasi kemasyarakatan (ormas) yang melakukan pelanggaran hukum, seperti tindak kekerasan dalam menyampaikan aspirasi. Imbauan tersebut datang dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Kemenkumham akan memproses seluruh laporan yang masuk.

Menkumham Berikan Lampu Hijau Pengusutan Ormas Yang Melanggar Hukum

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly

“Kalau melanggar hukum, usut,” ujar Yasonna, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Menurut Yasonna, kebebasan berserikat dan berkumpul memang diatur dalam konstitusi. Akan tetapi, kebebasan tersebut juga ada batasannya agar tidak kebablasan. Yasonna menuturkan, ada tiga reformasi hukum, yaitu reformasi regulasi, reformasi penegakan hukum, dan reformasi budaya hukum. Adapun budaya hukum juga termasuk budaya taat aturan dalam menyampaikan aspirasi atau berdemonstrasi.

“Itu anarki. Kebebasan harus diikuti dengan tanggung jawab, kewajiban menjaga aturan yang berlaku,” kata Politisi PDI Perjuangan itu.

“Berdemo jangan maki-maki orang. Presiden juga dimaki. Boleh mengkritik, mengkritik pemerintah itu baik sekali. Tapi menyerang simbol-simbol negara itu tidak bisa,” tutur Yasonna.

Baca Juga : Awalnya Malu-malu, Ahok Akhirnya Mau Dipeluk Dewi Persik

“Kalau Anda kritik saya sebagai Menkumham tidak becus, Yasonna Laoly tidak becus mengelola lapas, imigrasi. That’s fine with me, itu koreksi. Tapi kalau menyerang saya, Yasonna Laoly haram jaddah. Saya kejar kamu,” lanjut dia.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Akun Antasari Azhar Puji Kebijakan Ahok Terkait Sekuritas APBD

Akun Antasari Azhar Puji Kebijakan Ahok Terkait Sekuritas APBD

Jakarta – Baru-baru ini, mantan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Antasari Azhar menyatakan rasa kagumnya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis