Home > Ragam Berita > Nasional > Habib Rizieq Serukan Agar Uang Baru RI Ditarik Kembali, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Habib Rizieq Serukan Agar Uang Baru RI Ditarik Kembali, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani kembali menegaskan bahwa tidak ada masalah soal lambang menyerupai logo palu arit di lembaran uang baru Republik Indonesia karena hal itu sudah dijelaskan oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

Habib Rizieq Serukan Agar Uang Baru RI Ditarik Kembali, Ini Penjelasan Sri Mulyani

“Pak Gubernur BI sudah menjelaskan terkait lambang tersebut ya,” ujar perempuan yang kerap disapa Ani itu di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Seperti diketahui, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab kembali menyerukan agar pemerintah menarik kembali uang rupiah seri baru agar tidak menimbulkan persepsi yang salah di tengah masyarakat terkait gambar menyerupai palu arit.

Hal ini disampaikan oleh Rizieq seusai diperiksa di Polda Metro Jaya pada Senin (23/1/2017).

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo juga telah menjelaskan bahwa gambar menyerupai logo palu arit itu sebenarnya adalah rectoverso yang dicetak dengan teknik khusus sebagai bagian dari pengaman uang RI.

Yang tercetak sebagai rectoverso tersebut merupakan logo Bank Indonesia yang baru akan terlihat jelas bila dilihat dengan cara diterawang.

Namun demikian, meskipun telah ada penjelasan dari pihak BI namun Rizieq tetap mempermasalahkan logo tersebut, bahkan Rizieq berniat untuk melaporkan Gubernur BI, Menteri Keuangan, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), dan desainer logo uang baru NKRI tersebut sebagai pihak yang paling bertanggungjawab.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Anies-Sandi Diminta Tak Mengulangi Kesalahan Dengan Menggusur Warga

Anies-Sandi Diminta Tak Mengulangi Kesalahan Dengan Menggusur Warga

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta untuk tidak melanjutkan program normalisasi sungai yang ...