Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Hasil Survei LSI Terhadap Paslon Gubernur dan Wagub DKI

Inilah Hasil Survei LSI Terhadap Paslon Gubernur dan Wagub DKI

Jakarta – LSI menjabarkan hasil survei terbaru tentang calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Hal tersebut diungkapkan peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Adiran Sopa.

Inilah Hasil Survei LSI Terhadap Paslon Gubernur dan Wagub DKI

Lingkaran Survei Indonesia

Adrian menjelaskan dalam konfrensi pers bertajuk ‘Polarisasi Agama, Etnik dan Gender Pemilih Jakarta’ di kantornya, Rawamangun, Jakarta, Selasa (24/1/2017), sangat menguntungkan Agus Harimurti Yudhoyono, dan sedikit merugikan Basuki T. Purnama alias Ahok.

Sementara ini, Ahok sedikit menang di segmen pemilih muslim yang punya persepsi calon gubernur Jakarta nomor urut dua itu tidak menista agama. Hanya saja, jumlah segmen ini belum bisa mengimbangi pemilih muslim yang berpersepsi sebaliknya.

Untuk segmen pemilih muslim menengah ke atas dengan penghasilan Rp 3,5 juta per bulan condong ke Anies Baswedan. Namun jumlahnya separuh dibandingkan segmen pemilih muslim menengah ke bawah.

Dalam hal ini yang diuntungkan cagub nomor urut satu, Agus Harimurti karena menang di sisa segmen, yakni spektrum Islam lebih luas.

“Dengan polarisasi pemilih muslim seperti itu, dukungan total pemilih kepada pasangan Agus-Sylvi 36,7 persen, kepada Ahok-Djarot 32,6 persen, kepada Anies-Sandi 21,4 persen dan yang belum menentukan 9,3 persen,” papar Adrian.

Baca juga: LSI : Etnis Kurang Berpengaruh Dalam Memilih Pemimpin

Jika polarisasi pemilih Muslim ini bertahan hingga hari pencoblosan 15 Febuari 2017 mendatang, menurut Adrian, akan sangat beresiko untuk Ahok. Pasalnya, pemilih muslim cukup membuat Ahok lolos ke putaran kedua.

“Namun jika pemilih muslim tidak bertambah, ia akan tersingkir di putaran kedua. Ahok memerlukan jumlah muslim yang menganggap dirinya tidak menista agama lebih banyak lagi,” kata Adrian. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Tangkap 9 Orang saat Aksi di Depan Istana Merdeka

Polisi Tangkap 9 Orang saat Aksi di Depan Istana Merdeka

Jakarta – Pascapembubaran paksa aksi Badan Eksekutif Mahasiswa seluruh Indonesia di depan Istana Merdeka, Jakarta ...