Home > Teknologi > Internet > Facebook Akan Gunakan Algoritma Ampuh Untuk Menangkal Hoax

Facebook Akan Gunakan Algoritma Ampuh Untuk Menangkal Hoax

Jakarta – Facebook berjanji akan terus berupaya untuk membenahi platformnya dari beragam informasi palsu atau hoax. Kini, yang terbaru adalah Facebook memiliki cara ampuh untuk mengatasi hoax di media sosialanya.

Facebook Akan Gunakan Algoritma Ampuh Untuk Menangkal Hoax

Melawan Hoax

Pihak Facebook sudah mengubah sistem algoritma mereka pada bagian Trending, yang diyakini dapat melawan penyebaran informasi palsu. Bahkan, kata Facebook, perubahan algoritma di Trending ini juga menghentikan hoax untuk setiap pengguna.

“Kami pikir itu akan membantu (meminimalkan) kasus di mana mungkin satu cerita tertentu seperti virus, bahkan jika mungkin tidak terjadi secara nyata di dunia kita,” kata Wakil Presiden Manajemen Produk Facebook, Will Cathcart seperti dilansir dari Recode, Jumat (27/1/2017).

Will menjelaskan, enyegaran algoritma itu merupakan bagian dari pembaruan yang dilakukan oleh Facebook. Terutama soal kasus hoax yang telah menyeret media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.

Cathcart juga menjelaskan, seperti yang terjadi pada semua algoritma Facebook, suatu topik bisa menghasilkan sesuatu yang populer. Meski demikian, mengenai berapa banyak dan cepat topiknya tersebut bisa populer, tidak ada aturan pastinya.

“Beberapa penerbit perlu menuliskan tentang suatu topik. Mereka juga bisa mengatakan hal-hal yang berbeda dan memiliki perbedaan mengambil itu,” ungkap Cathcart.

Maka, dengan kondisi tak pasti itu, sekelompok penerbit yang menyebarkan topik karena berita palsu, tetap bisa menjadi Trending di Facebook.

Baca juga: Benarkah Mudah WhatsApp Terkena Virus ?

Oleh karenanya, Facebook menghentikan personalisasi trending topic populer untuk setiap penggunanya. Hal tersebut akan berlaku di semua negara, terlepas dari topik apa yang dibicarakan. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Menkominfo Ingatkan Masih Ada Delapan Virus Lagi Pasca Ransomware WannaCry

Hati-Hati, Menkominfo Ingatkan Masih Ada Delapan Virus Lagi Pasca Ransomware WannaCry

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara mengingatkan bahwa meski serangan Ransomware WannaCry ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis