Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Menyebut Peringkat Kemendikbud 9 dari 22, Benarkah Klaim Tersebut ?

Anies Menyebut Peringkat Kemendikbud 9 dari 22, Benarkah Klaim Tersebut ?

Jakarta – Belakangan ini, sempat menjadi bahan perdebatan dua calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan terkait tentang laporan Ombudsman mengenai peringkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Awalnya, Anies sempat menyinggung peringkat Jakarta yang berada di urutan 16 dari 33 provinsi dalam laporan Ombudsman RI. Lantas Ahok menanggapi hal tersebut.

Anies Menyebut Peringkat Kemendikbud 9 dari 22, Benarkah Klaim Tersebut ?

Paslon Cagub DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama Dalam Debat Putaran Kedua

“Ya sebetulnya kami maklum ya. Jakarta ini memang kota besar, orangnya banyak. Dari Ombudsman kami juara 16 dari 33 provinsi. Kalau Pak Anies di Kemendikbud juara 22 dari 22 kementerian gitu lho,” ujar Basuki atau Ahok, dalam debat cagub dan cawagub DKI di Hotel Bidakara, Jumat (27/1/2017).

Ucapan dari Ahok tersebut lantas diluruskan oleh Anies Baswedan. Menurut Anies, peringkat Kemendikbud membaik semenjak di bawah kepemimpinannya.

“Data peringkat Kemendikbud 22 dari 22 itu angka sebelum saya bertugas, setelahnya meningkat menjadi sembilan. Maaf kesannya menyombongkan diri, tetapi kami perbaiki dan Insya Allah kalau kami terpilih, akan kami bereskan Jakarta,” ujar Anies.

Diketahui bahwa Anies Baswedan sempat menjabat sebagai Mendikbud pada 27 Oktober 2014 hingga 27 Juli 2016. Data yang dikeluarkan oleh Ahok merupakan data Ombudsman terkait kepatuhan pemerintah pusat dan daerah terhadap standar pelayanan publik.

Penelitian tersebut dilakukan dalam dua periode. Yakni pada bulan Maret hingga Mei 2015 dan juga bulan Agustus hingga Oktober 2015. Jika melihat waktu penelitian, Kemendikbud masih berada di bawah kepemiminan Anies. Dari hasil penelitian tersebut, Kemendikbud memang benar mendapatkan peringkat 22 dari 22 kementerian.

Baca Juga : Ini Perbedaan Veronica Tan dan Annisa Pohan Saat Ditanya Program Kerja Suami

Kemendikbud sendiri masuk dalam zona merah yang berarti rendah tingkat kepatuhan. Akan tetapi, pada penelitian Ombudsman tahun 2016 ini, peringkat Kemendikbud melesat ke zona hijau yang berarti tingkat kepatuhan tinggi. Kemendikbud berada di urutan 9 dari 25 kementerian.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Anies-Sandi Dinilai Terlalu Banyak Pencitraan di Awal Kepemimpinannya

Anies-Sandi Dinilai Terlalu Banyak Pencitraan di Awal Kepemimpinannya

Jakarta – Mahyudin selaku Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat terang-terangan mengkritik Anies Baswedan dan Sandiaga ...