Home > Ragam Berita > Nasional > Ketua MUI Menyebut Hanya Melihat Niatan Ahok Tanpa Perlu Tabayyun

Ketua MUI Menyebut Hanya Melihat Niatan Ahok Tanpa Perlu Tabayyun

Jakarta – Jaksa penuntut umum sidang kasus dugaan penodaan agama mengonfirmasi berita acara pemeriksaan (BAP) Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Ketum MUI) Ma’ruf Amin. Dalam BAP itu, Ma’ruf menyebut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak etis membahas ayat-ayat Alquran karena tidak beragama Islam.

Ketua MUI Menyebut Hanya Melihat Niatan Ahok Tanpa Perlu Tabayyun

“Tidak patut membahas Al Maidah karena dia (Ahok) bukan muslim. Tidak proporsional, makanya kita anggap tidak etis,” ucap Ma’ruf dalam sidang kasus dugaan penistaan agama di auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (31/1/2017).

Ma’ruf lalu mengatakan sikap yang dikeluarkan MUI terkait ucapan Ahok berdasar dari permintaan tertulis dan kegaduhan yang terjadi. MUI lalu membahas tentang ucapan Ahok itu hingga dikeluarkanlah sikap MUI.

“Itu dinyatakan banyak orang (permintaan agar MUI mengeluarkan sikap), minta fatwa MUI. Itu tidak tertulis. Surat tentu ke sekretariat, delegasi ya rombongan-rombongan itu diterima pimpinan MUI. Ada dua-duanya (permintaan tertulis dan tidak tertulis),” ujar Ma’ruf.

Prosesnya kemudian disampaikan Ma’ruf yaitu pembahasan 4 komisi. Namun Ma’ruf mengatakan MUI merasa tidak perlu ke menemui Ahok untuk klarifikasi, karena pada prinsipnya, menurut Ma’ruf, penodaan itu ada pada ucapan.

“Kami rasa tidak perlu. Kami berpegang pada prinsip niatnya apa, kami menghukum ucapan, ada pun hatinya Allah SWT. Iya (video diputar) secara keseluruhannya,” ucapnya.

Ma’ruf menjadi saksi pertama yang diperiksa dalam persidangan kali ini. Hari ini merupakan sidang Ahok kedelapan dan menghadirkan sejumlah saksi yang akan dimintai keterangan. (Hendy – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jazuli Juwaini Imbau Penegak Hukum Tidak Ikut Campur dengan Konflik Internal Ormas

Jakarta – Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini berharap kepada para penegak hukum agar ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis