Home > Ragam Berita > Nasional > Pakar Hukum Menilai Ahok Lebay Jika Ingin Polisikan Saksi

Pakar Hukum Menilai Ahok Lebay Jika Ingin Polisikan Saksi

Jakarta – Langkah kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang kerap menuding saksi di persidangan memberikan keterangan palsu merupakan hal yang tidak lazim.

Pakar Hukum Menilai Ahok Lebay Jika Ingin Polisikan Saksi

Ahok dan Kuasa Hukum

Pasalnya, tim kuasa hukum Ahok kerap mengambil langkah untuk melaporkan para saksi yang dituding memberikan keterangan palsu saat persidangan itu ke polisi.

Saksi terbaru yang turut disebut oleh tim kuasa hukum calon gubernur DKI petahana itu dianggap janggal saat menyampaikan kesaksiannya adalah Ketua MUI, Ma’aruf Amin.

Sebagaimana diketahui, Ma’aruf merupakan salah satu saksi yang dihadirkan saat sidang kedelapan perkara dugaan penodaan agama Ahok, Selasa (31/1/2017).

“Sebenarnya ini suatu hal yang tak lazim ketika saksi sedikit-sedikit dilaporkan. Tentu berlebihan, lebay. Ini malah menjadi tekanan tersendiri untuk para saksi,” kata Rifai kepada awak media, Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Meski demikian, dirinya meyakini jika hakim mampu menilai kredibilitas personal masing-masing saksi sehingga layak dihadirkan saat persidangan.

Baca juga: Agus Sindir Djarot Yang Dinilai Tak Bisa Menghitung Rp 1 Miliar Per RW

“Hakim bisa menilai para saksi itu sesuai bidang dan kapasitasnya atau tidak kok. Jadi, tidak perlu capek-capek asal lapor. Sikap tim kuasa hukum Ahok yang sedikit-sedikit lapor polisi soal saksi mereka ini sangat tidak memberikan pendidikan hukum yang baik,” tandas Rifai. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Selama 2 Hari, Hanya Ada 5 Warga Yang Mengadu Ke Kantor Anies

Selama 2 Hari, Hanya Ada 5 Warga Yang Mengadu Ke Kantor Anies

Jakarta – Pada hari kerja yang kedua, Rabu (18/10/2017), dari masa jabatan Gubernur DKI Jakarta ...