Home > Ragam Berita > Internasional > Berencana Lepas dari Brexit, Perdana Menteri Theresa May Didukung Parlemen Inggris

Berencana Lepas dari Brexit, Perdana Menteri Theresa May Didukung Parlemen Inggris

London – Anggota parlemen Inggris pada Rabu (1/2/2017) memberikan dukungan kuat pada rancangan undang-undang yang akan membuka jalan bagi Perdana Menteri Theresa May untuk menggunakan mekanisme Pasal 50 mengenai rencana Inggris memisahkan diri dari Uni Eropa (Brexit).

Berencana Lepas dari Brexit, Perdana Menteri Theresa May Didukung Parlemen Inggris

Perdana Menteri Theresa May

Pemungutan suara di parlemen menghasilkan 498 suara dukungan dan 114 suara menolak. Hasil tersebut muncul setelah sekitar 180 anggota parlemen terlibat dalam perdebatan sengit selama dua hari.

Pemungutan suara merupakan langkah paling penting dalam proses yang akan mengarah pada pembahasan lebih rinci, sebelum rekan-rekan mereka di tingkat senat melakukan langkah serupa menjelang Ratu Elizabeth II memberikan persetujuan.

Sebagaimana diberitakan Xinhua pada Kamis (2/2/2017), pembicara terakhir dalam sesi debat di parlemen, Menteri Negara Pemisahan Inggris dari Uni Eropa David Jones meminta para anggota parlemen untuk “mempercayai rakyat”.

Baca juga: Larangan Imigrasi Trump Bikin Nasib Puluhan Ribu Pengungsi Somalia Terlantar

Dia mengatakan pemerintah sudah menjelaskan bahwa hasil referendum Brexit akan berlaku untuk seluruh Inggris.

Jones mengatakan pemerintah Inggris menekankan akan bekerja sama dengan pemerintahan Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. “Anda masih akan diterima baik di negara kami sebagaimana kami percaya bahwa warga kami masih akan diterima baik di negara-negara Anda,” katanya.

Sementara itu, Pada 23 Juni lalu, United Kingdom (UK) selesai melaksanakan referendum British Exit atau Brexit. Hasilnya, sebanyak 52 persen masyarakat UK memilih untuk lepas dari cengkeraman Uni Eropa. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kabarnya telah menghentikan program rahasia Badan Intelijen Pusat ...