Home > Ragam Berita > Internasional > Trump Keluarkan Kebijakan Imigrasi, Empat Negara Bagian AS Layangkan Gugatan

Trump Keluarkan Kebijakan Imigrasi, Empat Negara Bagian AS Layangkan Gugatan

Washington – Gugatan hukum terhadap keputusan Presiden AS Donald Trump soal imigrasi semakin membesar setelah empat negara bagian mengajukan gugatan terhadap executive order atau keputusan presiden (Keppres) Trump soal pelarangan warga tujuh negara bermayoritas muslim masuk ke AS itu.

Trump Keluarkan Kebijakan Imigrasi, Empat Negara Bagian AS Layangkan Gugatan

Kebijakan Trump mendapat protes dari sejumlah pihak

Keempat negara bagian itu adalah Massachusetts, New York, Virginia, dan Washington. Mereka serempak menggugat Keppres berisi larangan warga tujuh negara muslim masuk ke AS.

Keempat negara bagian di AS itu menilai Keppres Trump itu melanggar kebebasan beragama yang dilindungi oleh konstitusi AS.

Manuver hukum itu adalah serangkaian pembangkangan terhadap Keppres Presiden Trump yang memicu gelombang protes di berbagai kota besar AS di mana ribuan orang mengutuk kebijakan Trump itu sebagai diskriminatif.

Jaksa Agung Massachusetts Maura Healey menyebut Keppres Trump itu pelanggaran terhadap Amandemen Pertama Konstitusi AS yang melarang penyebutan atribut agama.

“Yang paling mendasar adalah kebijakan ini merupakan pelanggaran terhadap konstitusi,” katanya sebagaimana diberitakan Reuters pada Kamis (2/2/2017).

“Keputusan ini mendiskriminasi manusia karena didasarkan kepada agama mereka dan negara asalnya,” tambahnya.

Baca juga: Trump Berikan Pengecualian Terhadap Warga Yahudi Israel untuk Masuk Amerika

Selain itu, pihaknya menyatakan akan mendukung gugatan hukum kepada pengadilan Boston yang diajukan dua pria Iran yang mengajar pada Universitas Massachusetts di Dartmouth.

Hakim negara bagian ini memblok perintah pemerintah pusat yang ingin mengusir orang-orang yang berasal dari Iran. Akibatnya Keppres Trump ini ditangguhkan selama tujuh hari untuk negara bagian ini. Tapi langkah Massachusetts ini diikuti tiga negara bagian lainnya.

Sementara itu, Jaksa agung New York dan Virginia juga menyatakan akan mengikuti jejak kejaksaan negara bagian Massachusetts yang menggugat Keppres Trump itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

AS Kirim Kapal Induk, Korea Utara Ancam Lenyapkan AS dari Muka Bumi

AS Kirim Kapal Induk, Korea Utara Ancam Lenyapkan AS dari Muka Bumi

Pyongyang – Pemerintah Korea Utara sepertinya ingin terus menguji kesabaran Amerika Serikat dengan mengeluarkan pernyataan-pernyataan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis