Home > Gaya Hidup > Tips Mudah Merawat Kompor Gas

Tips Mudah Merawat Kompor Gas

Jakarta – Bagi ibu rumah tangga, kompor gas merupakan salah satu barang di dalam rumah yang selalu disentuh setiap harinya. Karena itu, perawatan kompor gas menjadi penting agar pekerjaan ibu di daput terhindar dari berbagai masalah yang disebabkan oleh kurangnya perawatan kompor gas.

Tips Mudah Merawat Kompor Gas

Kompor gas yang kurang dirawat dapat menyebabkan nyala api tidak dapat tersebar dengan baik, panci menjadi hitam, timbul bau tidak sedap, dan rawan terjadi kebakaran akibat adanya sisa-sisa makanan yang tersambar oleh api kompor.
Merawat kompor gas bukanlah hal yang sulit asalkan dilakukan secara rutin.

Ada tiga bagian dari kompor gas yang membutuhkan perawatan rutin, yaitu ring, tungku api, dan permukaan kompor.

Cara membersihkan ring pada kompor gas:
• Umumnya, ring yang berupa kerangka tatakan panci pada kompor gas bisa dilepas dari unit kompor sehingga Anda tinggal membersihkannya secara terpisah. Jika ring menyatu dengan unit kompor gas, baca buku manual kompor tersebut untuk mengetahui cara melepas ring tanpa merusaknya.
• Rendam ring di dalam larutan sabun cuci piring cair dan air hangat hingga kotoran yang menempel lepas. Gunakan spons atau sikat cuci piring untuk mengangkat kotoran dan lemak yang melekat.
• Angkat ring dari air rendaman dan bilas dengan air biasa, lalu keringkan sambil menunggu bagian-bagian lain pada kompor dibersihkan.

Cara membersihkan bagian tungku api:
• Hindari penggunaan larutan sabun dan air pada tungku api kompor gas. Jika bagian ini basah berlebihan dan terlalu lembap, api berisiko tidak menyala sempurna.
• Gunakan produk pembersih khusus untuk dapur yang berupa krim, untuk membersihkan tungku api pada kompor gas. Ikuti aturan pakai pada kemasan produk krim. Oleskan krim pada tungku api, lalu gosok dengan spons cuci piring atau lap. Gunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit. Biarkan krim selama beberapa saat pada kotoran yang melekat erat sebelum menggosoknya.
• Anda tidak perlu membilas tungku api yang telah dibersihkan dengan krim pembersih.

Cara membersihkan permukaan kompor gas:
• Singkirkan sebanyak mungkin kotoran padat yang tidak menempel pada permukaan kompor.
• Untuk bagian ini Anda bisa memakai cairan pembersih dapur. Semprotkan cairan pembersih langsung pada permukaan kompor, lalu seka dengan lap atau spons cuci piring untuk mengangkat kotoran yang menempel.
• Pastikan permukaan kompor diseka hingga bersih dan tidak ada bercak-bercak sisa cairan pembersih tertinggal.
• Permukaan kompor yang telah dibersihkan tidak perlu dibilas dengan air.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Hasil Survei: 75 Persen Wanita Penyuka Film Hot Cenderung Biseksual

Hasil Survei: 75 Persen Wanita Penyuka Film Hot Cenderung Biseksual

Jakarta – Seorang wanita biasanya tidak terlalu terbuka bila membicarakan kehidupannya yang paling pribadi, termasuk ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis