Home > Ragam Berita > Nasional > Kementerian Perindustrian Merancang Pengadaan Kendaraan Desa

Kementerian Perindustrian Merancang Pengadaan Kendaraan Desa

Jakarta – Kementerian Perindustrian mulai merancang pengadaan kendaraan desa. Terlebih setelah Presiden Joko Widodo meninjau pengadaannya.
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan menyampaikan bahwa presiden berpesan, kendaraan desa ini diadakan untuk wilayah pedesaan dengan spesifikasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa.
“Jadi, nanti itu macam-macam prototipenya. Apalagi setelah ditinjau presiden pendekatannya beda-beda,” kata

Kementerian Perindustrian Merancang Pengadaan Kendaraan Desa

Petani Sedang Membawa Gabah Untuk Diproses

Putu di kantor Kemenperin di Jakarta Jumat, 3 Februari 2017.
Ia mencontohkan, daerah yang mayoritas memproduksi padi maka kendaraan desa seperti alat perontok yang akan disosialisasikan di sana. Kemudian, jika mayoritas desa adalah peternak maka, yang disosialisasikan adalah kendaraan pengolah pupuk kandang.

Baca Juga : Harga Cabe Rawit Merah di Jakarta Masih Enggan Turun dari Angka Rp 130.000 per Kg

Putu menambahkan, pengadaan kendaraan bantu pengolahan pertanian dan peternakan ini penting untuk membantu petani ataupun peternak Indonesia agar lebih produktif dan modern. Sekaligus pemerintah menargetkan nantinya kendaraan grandong di desa-desa dihilangkan dan digantikan oleh kendaraan pengolah ini, yang lebih efisien dan aman.

Sekadar informasi, grandong adalah kendaraan bermotor rakitan yang digerakkan oleh mesin diesel sebagai alat angkutan. Pada mulanya, grandong digunakan masyarakat desa untuk mengangkut hasil pertanian dari sawah. Kini grandong juga digunakan untuk mengangkut pasir, penggilingan padi keliling, dan sebagainya.
“Negara dibikin maju, prihatin banget petaninya masih begitu. Karena keprihatinan kami, Kemenperin buat prototipe kendaraan pedesaan. Sehingga mereka jadi punya pilihan. Kalau grandong kita larang, nah pakai inilah (mereka masih bisa berproduksi),” ujarnya
(Bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Namanya Disebut Allan Nairn Dalam Kasus Makar, Ini Reaksi Fadli Zon

Namanya Disebut Allan Nairn Dalam Kasus Makar, Ini Reaksi Fadli Zon

Jakarta – Fadli Zon membantah keras tudingan jurnalis senior Allan Nairn yang meyebutkan bahwa dirinya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis