Home > Ragam Berita > Internasional > Otoritas Palestina Bangun 3 Ribu Rumah Baru untuk Korban Penggusuran Amona

Otoritas Palestina Bangun 3 Ribu Rumah Baru untuk Korban Penggusuran Amona

Tepi Barat – Kondisi di Amona, Tepi Barat, Palestina, tegang. Pada Rabu (1/2/2017) pihak kepolisian Israel mulai mengusir penduduk Yahudi garis keras yang bermukim secara ilegal di wilayah tersebut. Sebab, batas waktu toleransi yang diberikan Mahkamah Agung (MA) Israel berakhir 8 Februari.

Otoritas Palestina Bangun 3 Ribu Rumah Baru untuk Korban Penggusuran Amona

Pemukiman Tepi Barat digusur

Pada 2014, MA memutuskan bahwa Amona adalah wilayah Palestina dan harus bersih dari permukiman ilegal Yahudi. ’’Ini adalah masa kegelapan bagi kami, bagi zionisme, bagi negara, dan visi besar penduduk Yahudi untuk kembali ke tanah airnya,’’ ujar sebagaimana diberitakan Channel 2 TV pada Kamis (2/2/2017)

Sebagaimana diketahui, permukiman ilegal di Amona berdiri pada 1995. Itu adalah permukiman ilegal Yahudi yang terbesar. Ada sekitar seratus permukiman ilegal di Tepi Barat.

Pada 2006, MA Israel sejatinya sudah menyatakan bahwa permukiman tersebut ilegal dan harus segera digusur. Namun, pemerintah berjuang melawan penggusuran dengan menyajikan bukti-bukti baru. Setelah investigasi dilakukan, keputusan MA tidak berubah.

Baca juga: Fox News Mendapat Teguran dari Justin Trudeau

Pengusiran itu menjadi dilema bagi Netanyahu. Sebab, pemerintah sejatinya mendukung dan berusaha tutup mata dengan permukiman-permukiman ilegal di tanah Palestina tersebut. Karena itu, sebagai penyeimbang atas penggusuran tersebut, Israel lagi-lagi mengeluarkan izin besar-besaran untuk pembangunan permukiman di Tepi Barat.

’’Ya, Amona akan dihancurkan. Tapi, sebagai bentuk perlawanan terhadap (penggusuran, Red) Amona, kami bakal membangun 3 ribu rumah baru,’’ kata legislator Partai Jewish Home Israel Moti Yogev. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ternyata Ini Yang Menyebabkan Kelompok Teroris ISIS Tidak Bisa Segera Dikalahkan di Marawi

Ternyata Ini Yang Menyebabkan Kelompok Teroris ISIS Tidak Bisa Segera Dikalahkan di Marawi

Manila – Hingga kini, kelompok milisi Maute yang berafiliasi dengan ISIS tidak juga bisa dihancurkan ...