Home > Ragam Berita > Internasional > Umat Yahudi Rela Meminjamkan Sinagoge kepada Muslim untuk Beribadah

Umat Yahudi Rela Meminjamkan Sinagoge kepada Muslim untuk Beribadah

Texas – Penduduk Victoria, Negara Bagian Texas, Amerika Serikat (AS), menjadi contoh nyata penerapan toleransi beragama. Umat Yahudi di wilayah yang memiliki populasi penduduk 65 juta jiwa tersebut rela meminjamkan tempat ibadah mereka, sinagoge, untuk umat muslim beribadah berjamaah lima kali dalam sehari.

Umat Yahudi Rela Meminjamkan Sinagoge kepada Muslim untuk Beribadah

Masjid yang terbakar di Texas

Sebab, masjid satu-satunya di kota itu terbakar. “Ketika bencana seperti ini terjadi, kita harus saling mendukung,” tutur Presiden Kuil B’nai Israel di Victoria Robert Loeb sebagaimana diberitakan Reuters pada Kamis (2/2/2017)

Umat Yahudi menyerahkan kunci sinagoge sehingga umat muslim bisa mendapatkan tempat untuk beribadah sembari menunggu pembangunan masjid yang baru.

“Di Victoria ada 25 hingga 30 penduduk Yahudi, sedangkan umat muslim ada sekitar 100 orang. Kami memiliki gedung yang luas untuk umat Yahudi yang sedikit itu,” terangnya.

Baca juga: Otoritas Palestina Bangun 3 Ribu Rumah Baru untuk Korban Penggusuran Amona

Salah seorang pendiri masjid yang terbakar tersebut, Shahid Hashmi, membenarkan bahwa anggota komunitas Yahudi telah datang ke rumahnya dan memberikan kunci sinagoge. Bukan hanya bantuan tempat, pengumpulan donasi online untuk pembangunan kembali masjid itu juga sudah melampaui target. Saat ini donasi yang terkumpul sudah lebih dari USD 900 ribu (Rp 12 miliar).

“Hati kami dipenuhi rasa syukur atas dukungan luar biasa yang kami terima. Curahan cinta, kata-kata yang baik, pelukan, bantuan, dan kontribusi finansial ini adalah contoh dari semangat Amerika yang sesungguhnya,” ujar Omar Rachid. Dia adalah orang yang membuat donasi online di halaman GoFundMe untuk membangun kembali masjid di Victoria. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Tanggapi Trump, Korut Makin Ingin Ledakkan Bom

Tanggapi Trump, Korut Makin Ingin Ledakkan Bom

Jakarta – Gertakan Amerika Serikat yang diungkapkan oleh Donald Trump, langsung direspon dengan Korea Utara ...