Home > Ragam Berita > Internasional > Inilah Komentar AS setelah Iran Lakukukan Uji Coba Rudal

Inilah Komentar AS setelah Iran Lakukukan Uji Coba Rudal

Washington – Presiden AS Donald Trump melalui Penasihat Keamanan Nasional Michael Flynn menuduh pemerintah Iran melakukan tindakan jahat setelah menghelat uji coba rudal.

Inilah Komentar AS setelah Iran Lakukukan Uji Coba Rudal

Penasihat Keamanan Nasional Michael Flynn

“Pada hari ini, kami secara resmi menempatkan Iran dalam peringatan,” kata Michael Flynn sebagaimana diberitakan BBC News pada Kamis (2/2/2017).

Sementara itu, Washington sebelumnya telah menyatakan uji coba rudal yang dilakukan Iran tersebut benar-benar tidak dapat diterima.

Pada Rabu (1/2/2017) Iran menegaskan telah menguji rudal selama akhir pekan, tetapi membantah melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Flynn tidak memberikan rincian lebih lanjut tindakan yang mungkin akan diambil AS menanggapi uji coba rudal yang menurut para pejabat Pentagon gagal memasuki kembali atmosfer bumi.

Sementara itu, Peluncuran rudal itu segera mendorong AS menuduh Iran melanggar resolusi PBB 2231. Adapun isi resolusi itu menyerukan kepada Iran untuk tidak melakukan aktivitas terkait rudal balistik yang dirancang untuk mampu menembakkan senjata nuklir.

Baca juga: Departemen Keuangan AS Berikan Kelonggaran Sanksi Kepada Badan Intelijen Rusia

Selama pengarahan pers harian di Gedung Putih, Flynn tidak menuduh Teheran melanggar kesepakatan nuklir. Penasehat keamanan nasional itu justru memaparkan bahwa kesepakatan yang ditengahi pemerintahan Obama tersebut lemah dan tidak efektif.

“Bukannya berterima kasih kepada Amerika Serikat untuk perjanjian ini, Iran kini merasa berani,” katanya.

Dia mengatakan pemerintahan Obama gagal menanggapi tindakan Teheran secara memadai, termasuk transfer senjata, dukungan untuk terorisme, dan pelanggaran lain dari norma-norma internasional. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Islamophobia Meningkat Pasca Aksi Teror di London

Islamophobia Meningkat Pasca Aksi Teror di London

London – Pasca aksi teror di beberapa negara di Eropa belakangan ini membuat ketakutan terhadap ...