Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Mengapa Minum Air Bisa Menurunkan Berat Badan?

Mengapa Minum Air Bisa Menurunkan Berat Badan?

Jakarta – Diluar dugaan, air memiliki banyak manfaat bagi tubuh selain mengenyangkan perut. Cairan tersebut juga dapat menurunkan berat badan.

Mengapa Minum Air Bisa Menurunkan Berat Badan?

Air

Berikut adalah penjelasan mengapa air dapat membantu Anda menurunkan berat badan seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (4/2/2017).

1. Minum air dapat membuat asupan makan berkurang

Minum segelas air membantu mengurangi keinginan mencamil, asupan kalori saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Orang dewasa kegemukan yang minum 473 ml air satu setengah jam sebelum makan berat selam 12 minggu akan mengalami penurunan berat badan hingga 1 kg lebih dibandingkan mereka yang melakukan metode “membayangkan kenyang” sebelum makan, demikian menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Obesity.

Mengapa demikian?

Hal ini karena perut hanya dapat menahan banyak makanan sekali. Jika sudah dipenuhi dengan air, maka ruang untuk makanan hanya sedikit.

2. Air membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Beberapa gelas air membantu pembakaran tubuh lebih cepat. Minum dua gelas air putih langsung dapat membuat sistem metabolisme melonjak hingga 30 persen dalam waktu setengah jam. Hal itu karena tubuh harus mengeluarkan energi untuk menghangatkan air sesuai dengan suhu tubuh.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan 5 Makanan Sehat Ini

3. Air dingin lebih efektif

Minum air dingin membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mengatasi perbedaan suhu. Pemanasan dari 236 ml air dingin mampu membakar hingga 7 kalori, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism. Minum 10 gelas air dingin setiap hari selama seminggu dapat membakar 490 kalori dan membuat tubuh tetap terhidrasi. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Tes Kehamilan ? Inilah 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui

Tes Kehamilan ? Inilah 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui

Jakarta – Terdapat beberapa cara untuk memastikan kehamilan, seperti menggunakan alat tes kehamilan hingga langsung ...