Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 6 Olahraga yang Disarankan Untuk Ibu Hamil

6 Olahraga yang Disarankan Untuk Ibu Hamil

Jakarta – Olahraga merupakan kegiatan fisik yang sangat dianjurkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Namun, dalam keadaan tertentu seperti hamil, tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan.

6 Olahraga yang Disarankan Untuk Ibu Hamil

Yoga Ibu Hamil

Berikut ini adalah enam jenis olahraga yang dianjurkan selama masa kehamilan seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (4/2/2017):

1. Yoga

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Obstetrics & Gynecology mengungkapkan bahwa pose yoga tidak menimbulkan tekanan pada ibu maupun bayi.

“Yoga membantu fleksibilitas sendi sehingga kemungkinan cedera lebih kecil, mampu mengencangkan tubuh secara total, serta menjernihkan mental dan fokus,” tambah pelatih pribadi Jenn Mathis dari Gold’s Gym.

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari bumil saat yoga seperti hot yoga dan pose yoga yang memosisikan kepala di bagian bawah.

“Perubahan pada wanita hamil membuat tubuh rentan mengalami pusing. Mungkin lebih baik Anda menanyakan apakah ada program yogs khusus sebelum kehamilan untuk lebih aman,” saran dokter kandungan Melissa Walsh.

2. Posisi berkaki empat

Posisikan tubuh Anda seperti hewan berkaki empat dimana bagian lutut ditekuk agar tinggi badan seimbang. Angkat tangan kanan dan luruskan ke depan, sementara luruskan kaki kiri ke arah belakang. Tahan selama beberapa detik, kemudian lakukan secara bergantian.

“Gerakan ini sangat bagus untuk meregangkan tubuh secara total dimana otot punggung akan bergerak dan pengontrolan napas pun dapat dilakukan,” tukas Mathis.

3. Plank

Tahan tubuh dengan posisi tangan ditekuk dan bagian belakang luruskan, atau lakukan posisi push-up. Fokuslah pada pernapasan, dan bagaimana otot pada bahu mengencang.

“Gerakan ini baik untuk daya tahan tubuh, dan menyelaraskan bagian inti, atas, dan kaki pada tubuh yang akan berguna di masa kehamilan dan kelahiran,” ujar Mathis. Ia mengingatkan, pastikan perut tidak menyentuh tubuh dan bagian punggun tetap tegak.

4. Renang

“Air sangat bagus untuk menambah resistensi untuk olahraga tubuh secara keseluruhan maupun olahraga kardio,” jelas Mathias.

Beberapa putaran atau kelas aerobik ringan dalam air sudah cukup baik untuk bumil. Selain itu, karena berat badan bumil ditahan oleh ari, olahraga ini tidak berisiko banyak.

5. Treadmill

Olahraga yang berfokus pada gerakan kaki ini bisa digolongkan sebagai olahraga kardiovaskular dan baik untuk bumil. Jika Anda tak senang melakukannya di tempat gym, Anda bisa berjalan atau berlari santai di sekitar rumah agar jantung terpompa.

Baca juga: 7 Bahan Alami Pemutih Gigi

6. Latihan kekuatan

“Latihan kekuatan membuat Anda lebih mudah untuk menurunkan berat badan bayi dan kembali ke bentuk badan semula sebelum hamil,” kata Mathias. Namun, ia menyarankan agat beban yang diangkat tak lebih dari 9 kilogram, terutama untuk pemula. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Phobia yang Paling Banyak Dialami

Inilah Beberapa Phobia yang Paling Banyak Dialami

Jakarta – Phobia adalah rasa takut pada suatu hal atau fenomena berlebihan. Hal ini akan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis