Home > Ragam Berita > Internasional > Hakim Distrik Seattle Terbitkan Penundaan Sementara Larangan Warga Muslim Masuk AS

Hakim Distrik Seattle Terbitkan Penundaan Sementara Larangan Warga Muslim Masuk AS

Washington – Perintah eksekutif Donald Trump melarang warga dari tujuh negara muslim untuk masuk Amerika Serikat terus menjadi kontroversi. Terbaru, Hakim Distrik Seattle James Robart mengeluarkan peraturan penundaan sementara secara nasional untuk pemberlakuan perintah eksekutif tersebut.

Hakim Distrik Seattle Terbitkan Penundaan Sementara Larangan Warga Muslim Masuk AS

Donald Trump keluarkan larangan muslim masuk AS

Peraturan yang dikeluarkan pada Jumat (3/2/2017) akan berlaku secepatnya. Artinya, pembatasan yang dibikin Trump akan ditarik secara langsung. Keputusan Robart tersebut menepiskan klaim pengacara pemerintah yang mengatakan negara-negara bagian AS tidak punya kuasa untuk menentang perintah eksekutif Trump.

Tentu, putusan yang dikeluarkan Robart langsung mendapatkan respons positif. Jaksa Agung Washington Bob Ferguson mengatakan kalau peraturan tersebut secara otomatis membuat perintah eksekutif itu tidak berlaku.

”Pemerintah federal harus mematuhi peraturan. Tidak ada seorang pun berada di atas hukum, bahkan presiden sekalipun,” katanya .

Baca juga: Inilah Penjelasan Menteri Luar Negeri Iran Terkait Program Rudal Balistik

Sejak perintah eksekutif tersebut diberlakukan, setidaknya 10 ribu visa dibatalkan. Dan, masyarakat dunia, tidak hanya yang ada di AS, menghelat aksi protes dimana-mana menentang perintah tersebut. Tuntutan melawan larangan Trump pun sudah dilayangkan. Antara lain oleh negara Bagian Washington dan Minnesota.

Ferguson menggambarkan kalau larangan Trump itu ilegal dan tidak sesuai konstitusi karena mendiskriminasikan orang berdasar agama mereka. Dengan peraturan yang dilayangkan oleh Hakim Distrik Seatlle itu, tujuh negara muslim yang dilarang masuk ke AS, secara teori, bisa memohon visa masuk AS. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pro-Rusia dan Tentara Ukraina Bakal Lakukan Gencatan Senjata

Pro-Rusia dan Tentara Ukraina Bakal Lakukan Gencatan Senjata

Moskow – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa gencatan senjata antara pemberontak pro-Rusia ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis