Home > Ragam Berita > Nasional > Jika Isu Penyadapan Benar, Komisi I DPR Dorong SBY Laporkan Ahok

Jika Isu Penyadapan Benar, Komisi I DPR Dorong SBY Laporkan Ahok

Bandung – Tubagus Hasanudin selaku Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat RI mengimbau pada Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), untuk segera melaporkan keberatannya atas sadapan yang diungkapkan dalam sidang ke-8 kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Jika Isu Penyadapan Benar, Komisi I DPR Dorong SBY Laporkan Ahok

SBY

TB Hasanuddin berpendapat, pelaporan harus diserati dengan syarat-syarat. SBY harus melampirkan data-data yang berkenaan dengan sadapan.

“Seharusnya kalau ada yang merasa keberatan, siapa pun termasuk Pak SBY, ya berikan saja data-datanya, bukti dan sebagainya,” kata TB Hasanudin di Bandung, Jawa Barat, Minggu (5/2/2017).

Ia menambahkan, dengan temuan tersebut akan lebih baik dan elegan jika langsung mengambil langkah hukum tanpa banyak mengekpose yang memicu kegaduhan.

“Tidak bisa hanya berbicara, sulit. Kalau mau (diusut tuntas), dilaporkan saja secara hukum dengan data, bukti model penyadapannya seperti apa, mungkin melalui pembicaraan, noise (pembicaraan), satelit atau cara lain,” ujarnya.

Apabila hanya membuat pernyataan namun tanpa ada langkah hukum, akan memicu konflik. Tidak hanya itu, terkait adanya rencana hak angket di DPR, menurutnya, belum ada agenda kongkrit mengenai itu.

“Kalau sekadar menyampaikan, hanya membuat kegaduhan. Kemarin di DPR enggak ada tuh cerita (hak angket). Tidak ada (hak angket), itu hanya statemen dari seseorang,” ujarnya.

Baca juga: Tak Mau Kalah, Agus Siapkan Kejutan Acara Seheboh Konser Gue 2 Ahok

Diberitakan sebelumnya, mantan Presiden SBY bereaksi atas fakta persidangan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang disangka menodai agama. Awalnya, tim pengacara Ahok mengaku memiliki bukti soal komunikasi antara SBY dan Ketua Umum MUI KH. Ma’ruf Amin. Hal itu yang ditanyakan pengacara kepada Kyai Ma’ruf yang dihadirkan sebagai saksi. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Dinilai Janggal, Anies Rombak Delapan Pergub

Dinilai Janggal, Anies Rombak Delapan Pergub

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada delapan peraturan gubernur (pergub) yang dikeluarkan ...