Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Beberapa Penyebab Bibir Pecah-Pecah

Inilah Beberapa Penyebab Bibir Pecah-Pecah

Jakarta – Siapa yang tidak pernah absen dari lipstik setiap hari? Selain sederet lipstik dengan warna yang selalu sukses menggoda, rasanya riasan wajah juga terasa belum lengkap tanpa lipstik ya. Bahkan, ada juga wanita yang rela tidak pakai produk makeup apapun yang penting lipstiknya on. Namun, Perawatan bibir itu penting.

Inilah Beberapa Penyebab Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah

Jangan sampai Anda baru merawat saat bibir sudah terlanjur kering dan pecah-pecah. Nah, supaya terhindar dari kondisi bibir pecah-pecah, inilah beberapa penyebabnya.

1. Kebiasaan Membasahi Bibir
Saat bibir terasa kering, tanpa sadar Anda menjilat bibir agar kulit bibir menjadi basah. KKebiasaan ini ternyata tak baik dan wajib dihindari. Air liur memiliki kandungan air, enzim, elektrolit serta komponen anti-bakterial. Tak ada kandungan pelembapnya sehingga air liur tidak dapat mengurangi penguapan air pada bibir.

2. Terlalu Sering Menggunakan Pewarna Bibir
Tampilan lipstik matte memang sedang jadi tren, tapi jenis lipstik ini ada yang formulanya cenderung membuat bibir kering bahkan pecah-pecah setelah digunakan. Jika Anda pencinta lipstik jenis ini, coba sesekali ‘mengistirahatkan’ bibir dari lipstik matte. Kalau masih tetap ingin memakai lipstik matte, pastikan Anda meyapukan lip balm sebelum menggunakan lipstik. Pilih juga lipstik matte yang dilengkapi dengan kandungan pelembap yang cukup.

3. Dehidrasi
Saat tubuh mengalami dehidrasi, biasanya bibir jadi pertanda awal. Hal ini terjadi karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan layaknya kulit tubuh. Yuk, mulai biasakan untuk rutin meminum air sekitar 8 gelas setiap harinya, agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Bibir pun tetap lembap dan terhindar dari kondisi bibir pecah-pecah.

4. Terlalu Berlebihan Mengonsumsi Vitamin A
Segala sesuatu yang berlebihan tentu saja akan membawa dampak buruk. Bahkan, mengonsumsi vitamin terlalu berlebihan juga punya efek negatif pada tubuh lho. Coba cek suplemen Anda. Apakah mengandung vitamin A? Dalam keadaan normal, sebaiknya tubuh mendapatkan kandungan vitamin A sebesar 5000 International Unit (IU) per hari.

5. Menggunakan Produk Lip Plump
Tampilan bibir penuh yang sedang jadi tren tentu membuat banyak wanita ingin memiliki bibir bervolume. Bagi mereka yang memiliki bibir tipis, biasanya lip plump jadi salah satu opsi terbaik. Cukup diulaskan, dan secara instan tampilan bibir pun terlihat penuh. Di balik efek ini, Anda juga perlu cermat memperhatikan kandungan pada lip plump yang digunakan.

6. Kebiasaan Mendengkur
Saat mendengkur, biasanya proses pernapasan terjadi melalui mulut, sama seperti saat kita sedang mengalami hidung tersumbat. Untuk mengatasinya, sebaiknya biasakan untuk menggunakan lip balm sebelum tidur. Jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter ahli jika kebiasaan mendengkur sudah sampai tahap yang mengganggu atau mengkhawatirkan.

7. Penggunaan Pasta Gigi yang Mengandung Deterjen
Hampi semua pasta gigi yang beredar di pasaran mengandung deterjen, yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Deterjen ini biasanya digunakan karena memiliki manfaat anti-bakteri yang mampu menghilangkan sisa-sisa makanan, debris, dan plak di gigi. Kalau ingin lebih maksimal mencegah bibir kering, usahakan untuk menggunakan pasta gigi tanpa kandungan deterjen.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tips Cara Memilih Daging Cincang Yang Segar

Tips Cara Memilih Daging Cincang Yang Segar

Jakarta – Daging cincang biasanya lebih banyak dipilih oleh masyarakat karena lebih ekonomis dalam hal ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis