Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat : “Persinggungan Antara Presiden dan Pendahulunya Kurang Elok”

Pengamat : “Persinggungan Antara Presiden dan Pendahulunya Kurang Elok”

Jakarta – Arif Susanto selaku peneliti dari Pusat Studi Islam dan Kenegaraan (PSIK) Indonesia menyebutkan jika perseteruan politik antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sedikitnya sudah terjadi sebanyak lima kali dalam kurun waktu hanya satu tahun.

Pengamat : "Persinggungan Antara Presiden dan Pendahulunya Kurang Elok"

Jokowi dan SBY

“Persinggungan politik Jokowi-SBY sedikitnya telah lima kali terjadi, dan semakin sering mulai dari soal Hambalang, TPF Munir, Aksi 411, hoax, isu penyadapan. Keduanya semakin tampak sebagai seteru politik setelah SBY menjadi kian reaksioner selama masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017,” katanya di Jalan Sultan Agung, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2017).

Arif mengungkapkan, aksi SBY tersebut tak mencerminkan budaya berpolitik yang demokratis. Bahkan, lanjut Arif, SBY juga masih berseteru dengan Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

“Persinggungan politik secara terbuka ini terasa kurang elok karena perseteruan seorang presiden dan pendahulunya bukanlah hal lazim dalam budaya politik negara-negara demokratis. Sebelumnya, kita telah akrab dengan persinggungan politik antara SBY dan Megawati,” ujar Arif.

Arif lantas berspekulasi jika reaksi SBY yang kerap berseteru dalam panggung politik karena SBY terjebak dalam politik praktis, sehingga tidak memiliki jiwa kenegarawanan.

Baca juga: Menteri Luhut Angkat Bicara Terkait Isu Kebangkitan PKI

“Berulangnya persinggungan politik tersebut menunjukkan absennya kenegarawanan pada figur para presiden terdahulu, karena mereka masih terlibat politik praktis. Ini buruknya pelembagaan politik, karena proses politik dideterminasi oleh kehendak figur pemimpin,” tutup Arif. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Awal Ramadhan, PBNU Pantau Hilal di 90 Titik

Awal Ramadhan, PBNU Pantau Hilal di 90 Titik

Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lajnah Falakiyah PBNU telah siap memantau hilal ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis