Home > Travel & Kuliner > Wisata > Masjid Bersejarah di Cirebon Masih Memasang Banyak Simbol Hindu

Masjid Bersejarah di Cirebon Masih Memasang Banyak Simbol Hindu

Jakarta – Masjid Agung Cipta Rasa, Kasepuhan, Kota Cirebon, merupakan masjid bersejarah di Tanah Jawa. Berdirinya masjid ini sebagai tanda awal tonggaknya penyebaran Islam oleh Wali Songo.

Masjid Bersejarah di Cirebon Masih Memasang Banyak Simbol Hindu

Masjid Agung Cipta Rasa

Dibangun pada tahun 1480, masjid tertua di Cirebon ini juga menandakan peralihan masa dominasi agama Hindu ke Islam di Tanah Jawa. Karena di masa fase peralihan itulah, masjid Agung Cipta Rasa memiliki banyak simbol Hindu.
Baca Juga : Wow, Pantai Ini Terletak di Dalam Gua
Simbol yang pertama ialah simbol Surya Majapahit. Letaknya persis di atas ruang imam. Surya Majapahit merupakan simbol sembilan dewa, dengan dewa utamanya adalah Dewa Siwa yang berada di tengah.

“Di atas tempat imam, lambangnya surya majapahit, bunga matahari. Itu kan bendera Hindu di masa Majapahit. Di sini, itu menandakan bahwa Majapahit ikut membangun masjid ini. Lebih tepatnya sih eks prajurit Majapahit,” kata Ahmad Mubarok, salah seorang pengurus Masjid Agung Cipta Cipta, saat diwawancarai .

Selain itu, secara keseluruhan, atap bangunan juga berupa limasan. Seperti diketahui, limasan pada masa Hindu di Nusantara dijadikan bangunan tempat ibadah.

“Itu khas Jawa Hindu. Sama seperti Masjid Demak, ada limasannya. Bedanya dengan masjid di Demak, di Demak agak meruncing. Kalau di sini gak, agak mendek,” kata Ahmad.

Bahkan, gapura masjidnya pun bercorak Jawa Hindu. Bentuknya berundak, tak ubahnya bangunan khas umat Hindu pada masa pra Islam di Tanah Jawa. Tidak selayaknya gapura masjid.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Meningkatkan Pariwisata, Arab Saudi Perbolehkan Wanita Berbikini di Pantai

Meningkatkan Pariwisata, Arab Saudi Perbolehkan Wanita Berbikini di Pantai

Riyadh – Arab Saudi merupakan Negara yang memiliki peraturan yang sangat ketat terhadap kaum wanita. ...