Home > Ragam Berita > Internasional > Permukiman Israel di Palestina Mendapat Kecaman dari Uni Eropa dan PBB

Permukiman Israel di Palestina Mendapat Kecaman dari Uni Eropa dan PBB

Jerusalem – Uni Eropa dan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), pada Selasa, mengeluarkan kecaman terhadap langkah Israel mengesahkan permukiman ribuan rumah di tanah Palestina yang diduduki Israel di Tepi Barat.

Permukiman Israel di Palestina Mendapat Kecaman dari Uni Eropa dan PBB

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan bahwa undang-undang soal pengesahan pemukiman itu, jika diterapkan, berbahaya dan melewati batas.

“Pembangunan permukiman seperti itu akan menghambat perdamaian dan mengancam masa depan penyelesaian dua-negara,” kata Mogherini sebagaima diberitakan AFP pada Selasa (7/2/2017).

Mogherini menggarisbawahi bahwa Uni Eropa menganggap pemukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki Israel sebagai tindakan ilegal.

Dua minggu setelah Donald Trump dilantik sebagai presiden Amerika Serikat, parlemen Israel mengesahkan undang-undang perizinan perumahan tersebut.

Trump telah menunjukkan pendekatan lebih lunak terhadap masalah pembangunan permukiman Israel dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Israel telah memberikan izin bagi pembangunan 4.000 rumah di tanah pribadi Palestina.

Baca juga: Ayatollah Ali Khamenei Nilai AS Telah Tunjukkan “Wajah Asli”

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan tindakan Israel tersebut merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional dan akan menyebabkan konsekuensi hukum bagi Israel.

“Sekretaris Jenderal menekankan agar (Israel) menghindari tindakan-tindakan yang bisa mengacaukan penyelesaian dua-negara (pada konflik Israel-Palestina, red),” kata juru bicara Guterres, Stephane Dujarric dalam pernyataan.

Presiden Prancis Francois Hollande juga menyatakan kecaman. Ia mengatakan pemberian izin pemukiman itu akan membuka jalan bagi tindakan pencaplokan terhadap wilayah-wilayah Palestina yang diduduki Israel. (Tita Yanuantari – hairanindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hakim Richard Clifton Meragukan Larangan Imigrasi Trump yang Dinilai Diskriminatif

Hakim Richard Clifton Meragukan Larangan Imigrasi Trump yang Dinilai Diskriminatif

Washington – Sebuah pengadilan banding telah mempertanyakan soal larangan imigrasi Presiden AS Donald Trump yang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis