Home > Gaya Hidup > Makanan Instan Beresiko Timbulkan Kanker? Ini Kata Dokter

Makanan Instan Beresiko Timbulkan Kanker? Ini Kata Dokter

Jakarta – Masyarakat perkotaan yang gaya hidupnya serba cepat membuat mereka juga terbiasa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman siap saji atau makanan instan.

Makanan Instan Beresiko Timbulkan Kanker? Ini Kata Dokter

Lantas, apakah benar anggapan bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan instan dalam jangka panjang dapat membahayakan kesehatan?

“Benar, makanan instan bisa memicu kanker karena pengawetnya. Kalau nggak ada pengawetnya nggak apa-apa. Makanan instan bisa memicu kanker jika dikonsumsi berlebihan,” kata dr Rozaenah, MM dari RS Kanker Dharmais kepada HarianIndo.

Karena itu, dr Rozaenah lebih meganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dibuat sendiri karena lebih sehat dan lebih lengkap nutrisinya.

“Sebaiknya sih konsumsi makanan buatan sendiri ya. Tapi sebelum konsumsi sayur atau buah jangan lupa dicuci bersih juga untuk menghindari pestisidanya,” imbuh dr Rozaenah.

Salah satu makanan instan yang digemari oleh masyarakat yaitu mi instan. Dilansir Boldsky, Rabu (8/2/2016), mengkonsumsi mi instan secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan metabolisme. Hal ini disebabkan karena menumpuknya zat kimia dan pengawet di dalam tubuh dalam jangka panjang.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Sebaiknya Hindari Mengkonsumsi Jus Buah di Pagi Hari, Ini Sebabnya

Sebaiknya Hindari Mengkonsumsi Jus Buah di Pagi Hari, Ini Sebabnya

Jakarta – Buah-buahan memang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Namun bila Anda salah dalam ...