Home > Ragam Berita > Nasional > KPU Tidak Bisa Menindak Iklan di Medsos yang Disosialisasikan Akun Non Resmi

KPU Tidak Bisa Menindak Iklan di Medsos yang Disosialisasikan Akun Non Resmi

Jakarta – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Nelson Simanjuntak menyampaikan bahwa iklan di media sosial yang dipublikasikan oleh akun non-resmi pasangan calon (Paslon) tidak bisa ditindak Komisi Pemilihan Umum (KPU). Untuk itu, ia mengatakan bahwa pihaknya sulit menindak akun-akun Paslon yang tidak resmi.

KPU Tidak Bisa Menindak Iklan di Medsos yang Disosialisasikan Akun Non Resmi

ilustrasi

“Secara normatif sulit mengawasi akun pribadi (di luar akun pribadi Paslon) yg memposting kata-kata, ungkapan, gambar, atau simbol yang dimaksudkan untuk mempengaruhi orang untuk memilih atau tidak memilih calon tertentu dalam Pilkada,” ujar Nelson kepada Tirto, Rabu (8/2/2017).

Nelson mengatakan, mereka tidak bisa menindaklanjuti segala bentuk tindakan yang tidak diatur dalam undang-undang. Sampai saat ini, sepengetahuan Nelson, beriklan di media sosial, lewat googleads atau Facebook ads, tidak diatur secara terperinci dalam UU Pilkada.

Baca juga: Jokowi Berharap Hari Tenang Kampanye Tidak Diwarnai Keributan

Meski demikian, Nelson menilai bahwa hal tersebut tidak perlu diatur secara teknis, apalagi bila terjadi di masa tenang. Ia khawatir bahwa hukum yang terlalu banyak bisa mengekang masyarakat. Oleh karena itu, ia hanya mengimbau kepada publik untuk tetap beretika selama berkampanye menggunakan medium digital

“Bawaslu hanya berharap kepada siapa pun yang menghormati dan mencintai bangsa ini agar berlaku jujur dan bertindak selaras dengan nilai-nilai moral dan etika politik, dengan mengedepankan sikap jujur dan adil dalam menyikapi pilkada serentak ini,” ujar Nelson. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Laporan Pembagian Sembako, ACTA Bakal Diperiksa sebagai Pelapor

Terkait Laporan Pembagian Sembako, ACTA Bakal Diperiksa sebagai Pelapor

Jakarta – Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) telah melayangkan laporan pembagian sembako saat Pilkada DKI ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis