Home > Gaya Hidup > Kurangi Mengkonsumsi Lima Makanan Ini Agar Ginjal Anda Lebih Sehat

Kurangi Mengkonsumsi Lima Makanan Ini Agar Ginjal Anda Lebih Sehat

Jakarta – Ginjal merupakan organ tubuh penting yang terletak di bagian punggung bawah yang berfungsi untuk menyaring bahan limbah dari darah dan mengeluarkannya bersama urine.

Kurangi Mengkonsumsi Lima Makanan Ini Agar Ginjal Anda Lebih Sehat

Karena berfungsi menyaring kotoran dalam darah, maka kesehatan ginjal harus dijaga agar ginjal dapat bekerja dengan baik.

Namun demikian, tanpa kita sadari makanan yang kita konsumsi sehari-hari ada yang justru membahayakan kesehatan ginjal. Makanan apa sajakah itu?

Garam
Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat membuat ginjal akan merespons dengan menahan air yang mengencerkan elektrolit di aliran darah. Hal ini dapat mengganggu fungsi jantung dalam memompa darah ke tubuh.

Daging
Protein hewani dalam daging dapat memperberat fungsi ginjal dalam menyaring limbah di dalam tubuh. Hasil studi yang telah dipublikasikan oleh European Journal of Nutrition tahun 2003 mengatakan bahwa makanan yang kaya protein hewani dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan asam urat.

Kafein
Kafein bisa merangsang aliran darah yang dapat meningkatkan tekanan darah dan stres pada ginjal. Mengonsumsi kafein dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal kronis, obesitas, diabetes, dan pembentukan batu ginjal.

Pemanis Buatan
Pemanis buatan bisa membahayakan ginjal. Hal ini berdasarkan penelitian Julie Lin MD, MPH, FASN dan Gary Curhan, MD, ScD, FASN dari Brigham and Women’s Hospital yang dilakukan pada 3 ribu wanita. Kesimpulannnya bahwa mengkonsumsi pemanis buatan yang terkandung dalam soda, misalnya, bisa menurunkan fungsi ginjal hingga 2 kali lipat.

Minuman Bersoda
Minuman bersoda (dengan atau tanpa pemanis buatan) dan minuman energi lainnya dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Sebuah studi menunjukkan minum dua atau lebih minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tips Cara Melipat Kaos Atau Kemeja Hanya Dalam Waktu 2 Detik

Tips Cara Melipat Kaos Atau Kemeja Hanya Dalam Waktu 2 Detik

Jakarta – Kegiatan setelah menyeterika baju sebelum baju tersebut dimasukkan ke dalam lemari adalah melipatnya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis