Home > Ragam Berita > Nasional > Lembaga Survei Ini Tempatkan Agus-Sylvi Tertinggi Elektabilitasnya

Lembaga Survei Ini Tempatkan Agus-Sylvi Tertinggi Elektabilitasnya

Jakarta – Berbeda dengan hasil survei dari lembaga survei lainnya, Grup Riset Potensial (GRP) merilis hasil surveinya dengan menempatkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni sebagai yang tertinggi elektabitasnya.

Lembaga Survei Ini Tempatkan Agus-Sylvi Tertinggi Elektabilitasnya

Pada hasil survei GRP periode 28 Januari hingga 4 Februari 2017 terungkap bahwa pasangan Agus-Sylvi memiliki elektabilitas tertinggi, yakni sebesar 47 persen, disusul pasangan Anies basweda-Sandiaga Uno 25 persen, dan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat 23 persen. Sedangkan 5 persen responden tidak menjawab.

GRP juga memprediksi pasangan Agus-Sylvi akan lolos ada putaran pertama, sedangkan pasangan Anies-Sandi dan Ahok-Djarot belum bisa dikatakan aman.

Hasil survei juga mengungkapkan bahwa mesin partai pendukung pasangan Agus-Sylvi, yaitu Demokrat, PPP, PAN, dan PKB menunjukkan hasil kerja yang lebih efektif dan mempunyai basis pemilih yang militan dibandingkan dengan dua pasangan calon yang lainnya.

Dalam kegiatan surveinya, GRP memakai metode cluster analysis di 267 kelurahan di Jakarta yang dikelompokkan menjadi 27 strata berdasarkan profil elektabilitas pasangan calon hasil survei sebelumnya.

Setelah itu, dari masing-masing strata kemudian dipilih satu kelurahan secara acak. Pada satu kelurahan tersebut lantas dikunjungi seluruh RW dan dipilih rumah tangga secara sistematis. Terakhir, dari rumah tangga tersebut lantas dipilih satu responden secara acak yang memiliki hak pilih.

Penelitian menggunakan teknis wawancara dengan menggunakan MOSAIC pada smartphone. Total sampel di masing-masing kelurahan ada 100 responden sehingga untuk 27 kelurahan, ada 2.700 orang yang dijadikan responden.
Adapun margin of error penelitian ini 2,5 persen pada confident interval 95 persen.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Pemerintah Diminta Ganti Rugi Korban First Travel, JK : "Siapa Yang Terima Duit ?"

Pemerintah Diminta Ganti Rugi Korban First Travel, JK : “Siapa Yang Terima Duit ?”

Jakarta – Masalah biro perjalanan First Travel bisa dikatakan cukup pelik. Pasalnya pengacara pemilik First ...