Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolri Pastikan NU dan Muhammadiyah Tak Ikut Aksi 112

Kapolri Pastikan NU dan Muhammadiyah Tak Ikut Aksi 112

Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan dan Pangdam Jaya Mayjend TNI Teddy Lhaksmana melakukan rapat koordinasi di Mapolda Metro Jaya, terkait aksi Sabtu besok, 11 Februari 2017, atau disebut aksi 112.

Kapolri Pastikan NU dan Muhammadiyah Tak Ikut Aksi 112

Kapolri

Lewat konfrensi pers, Tito menyebutkan jika aksi 112 hanya akan diikuti sekelompok masyarakat saja. Bahkan, Tito menyebut organisasi masyarakat (ormas) Islam mainstream, atau ormas besar tak ikut ambil bagian dalam aksi ini.

“Jadi, kalau beberapa ormas Islam mainstream yang besar seperti Muhammadiyah, ketuanya Pak Haedar Nahsir tidak mendukung aksi ini. Dari Rais A’am PBNU, juga jelas menyampaikan tidak mendukung aksi ini. Demikian juga, MUI, bahkan menyarankan lebih baik membatalkan,” kata Tito di Mapolda Metro Jaya, Jumat (10/2/2017)

Menurut Tito, pertimbangan para ormas Islam mainstream ini tak ikut aksi 112, karena pengumpulan massa erat hubungannya dengan masalah politik Pilkada dan keberatan masalah keagamaan dikaitkan dengan politik Pilkada.

“Berkaitan dengan itu, beberapa waktu lalu, elemen masyarakat ini berupaya melakukan longmarch dari monas ke Bundaran HI. Dan menanggapi rencana tersebut, Panwaslu DKI, KPUD DKI, Plt Gubernur, Kapolda, dan Pangdam sudah melakukan jumpa pers yang isinya melarang aksi tersebut, karena potensial melanggar UU Pilkada, sekaligus juga melanggar UU No 9 tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum khususnya pasal 6,” katanya.

Baca juga: Demi Dampingi Jokowi Bersih-bersih di Pantai Kenjeran, Risma Batalkan Sejumlah Agenda Penting

Mantan Kepala BNPT tersebut menegaskan, aksi longmarch pada Sabtu besok dapat mengganggu ketertiban masyarakat. “Apalagi, mengusung isu politik. Oleh karena itu, tegas dari instansi tadi menyampaikan dilarang,” tegasnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Parkir Liar di Kalijodo, Ahok : "Preman Pikir Saya Sudah Tidak Bisa Menindak"

Parkir Liar di Kalijodo, Ahok : “Preman Pikir Saya Sudah Tidak Bisa Menindak”

Jakarta – Baru-baru ini, Dinas Perhubungan DKI dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis