Home > Ragam Berita > Nasional > Besok Ahok Kembali Duduki Kursinya Sebagai Gubernur DKI

Besok Ahok Kembali Duduki Kursinya Sebagai Gubernur DKI

Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan kembali aktif sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Sabtu (11/2/2017) besok.

Besok Ahok Kembali Duduki Kursinya Sebagai Gubernur DKI

Ahok

Meski demikian, Ahok bisa kembali non-aktif jika pengadilan menuntut Ahok 5 tahun penjara dalam kasus penistaan agama.

“Intinya Pak Basuki kembali jadi gubernur,” kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2017).

Sumarsono yang menjadi plt gubernur itu menegaskan, status terdakwa yang disandang Ahok tidak otomatis mambuat dirinya diberhentikan sementara (nonaktif). Pihaknya masih menunggu pembacaan tuntutan pidana dari pengadilan.

Tuntutan pidana tersebut menjadi parameter Kemendagri untuk mengeluarkan surat keputusan mengenai status Ahok sebagai gubernur. “Misal, tuntutannya di atas lima tahun, diberhentikan sementara. Kalau di bawah itu tidak perlu diberhentikan. Rumusnya itu saja,” ujarnya.

Mahfud MD yang merupakan pakar hukum tata negara berpendapat, Ahok harusnya diberhentikan sementara. Apabila diabaikan, hal itu berpotensi melanggar Pasal 83 ayat 1 Undang-Undang tentang Pemerintah Daerah.

Baca juga: Massa Aksi 112 Mulai Berdatangan ke Masjid Istiqlal

“Pasal 83 ayat 1 itu jelas, seorang kepala daerah yang menjadi terdakwa, bukan menjadi tertuntut (tersangka) ya, yang sudah menjadi terdakwa, diberhentikan sementara. Tidak ada pasal lain lagi yang bisa menafikan itu. Dakwaannya sudah jelas,” kata Mahfud di Gedung KPK, Jakarta. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Netizen Kritik Prabowo Terkait Pernyataan Rakyat Jadi Kuli

Netizen Kritik Prabowo Terkait Pernyataan Rakyat Jadi Kuli

Jakarta – Para netizen kembali dibuat gaduh usai Prabowo Subianto memberikan pernyataan soal bantuan Indonesia ...