Home > Ragam Berita > Nasional > Polisi Siapkan 20 Ribu Pasukan Guna Pengamanan Aksi 112

Polisi Siapkan 20 Ribu Pasukan Guna Pengamanan Aksi 112

Jakarta – Polisi siap bubarkan secara paksa jika ada massa yang nekat menggelar aksi damai 112 di Monumen Nasional, Jakarta.

Polisi Siapkan 20 Ribu Pasukan Guna Pengamanan Aksi 112

Aksi damai

Menurut Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, aksi pada 11 Februari 2017, karena telah disepakati hanya akan digelar di area Masjid Istiqlal, dengan ibadah keagamaan.

“Oleh karena itu siapa pun yang melakukan aksi di Monas tanpa pemberitahuan berarti melanggar UU No 9 tahun 98 dan akan kita terapkan pasal 15 yaitu pembubaran yang kalau pembubaran ditentang kita bisa lakukan upaya paksa,” kata Tito dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jumat (10/2/2017).

Hal itu dilakukan, menurutnya, lantaran hingga saat ini tidak ada pemberitahuan adanya aksi di Monas dan hal tersebut sudah dicek ke Direktorat Intelijen Polda Metro dan Mabes Polri.

“Tidak ada yang memberikan pemberitahuan (aksi di Monas). Berarti karena tidak ada pemberitahuan akan ada upaya paksa bila ada yang melakukan aksi di Monas,” ujarnya.

Dalam undang-undang, kata Tito, jika masyarakat ingin melakukan aksi penyampaian pendapat di muka umum minimal harus dua hari sebelum melakukan aksi tersebut.

“Dalam UU pemberitahuan dua hari sebelumnya. Ini besok dilaksanakan jadi hari ini tidak ada pemberitahuan longmarch dari unsur lain. Jadi tidak ada aksi di Monas. Silakan di Istiqlal tapi dibatasi,” katanya.

Dalam pengamanan tersebut, Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan setidaknya 20 ribu lebih pasukan. “Kita akan lakukan pengamanan ketat dengan 20 ribu personel lebih,” ujarnya.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Wiranto Imbau Aksi Bela Palestina Tidak Merusak Fasilitas Umum

Wiranto Imbau Aksi Bela Palestina Tidak Merusak Fasilitas Umum

Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kriminal (Polhukam) Wiranto menyebutkan, selama demonstrasi tidak merusak ...