Home > Ragam Berita > Nasional > Banjir Merendam 14 Kecamatan di Kabupaten Lebak

Banjir Merendam 14 Kecamatan di Kabupaten Lebak

Jakarta – Seperti yang diperkirakan, awal Februari 2017 menjadi puncak musim hujan. Hal tersebut berpotensi menimbulkan banjir di daerah-daerah yang sering banjir.

Banjir Merendam 14 Kecamatan di Kabupaten Lebak

Banjir di Kabupaten Lebak

Salah satu daerah langganan banjir yang selalu berulang setiap tahun adalah di wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang Provinsi Banten.

Banjir melanda 14 kecamatan di Kabupaten Lebak sejak Kamis 5 Februari 2017 dini hari, akibat meluapnya Sungai Ciliman dan anak anak-anak sungai yang ada seperti Sungai Cisimeut, Sungai Cimadur, serta Sungai Cibinuangeun di wilayah Lebak Selatan.

“Banjir kali ini termasuk besar di Kabupaten Lebak karena dari 28 kecamatan yang ada, 14 kecamatan mengalami banjir,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (11/2/2017), di Jakarta.

Dari 14 kecamatan yang mengalami banjir, 1.561 rumah terendam banjir. Daerah yang paling parah terendam banjir adalah Kecamatan Banjarsari yakni 444 rumah, Leuwidamar 526 rumah, dan Cijaku 227 rumah.

Empat desa di Kecamatan Leuwidamar yang paling parah dan merata terkena banjir adalah Lebak Parahiang, Leuwidamar, Nayagati, Sangkanwangi, dan Wantisari dengan ketinggian air 1-2 meter.

Aliran air bahkan masuk ke lingkungan sekolah dan membuat kegiatan belajar-mengajar di SMPN 1 Lewidamar berhenti. Ketinggian air di sekolah ini mencapai setengah meter dan terus meningkat. (bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Lagi, 3 Remaja Ini Dituding Lecehkan Cara Salat

Lagi, 3 Remaja Ini Dituding Lecehkan Cara Salat

Sukabumi – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi telah melaporkan sebanyak tiga orang remaja asal ...