Home > Gaya Hidup > Beginilah Cara Merawat Sepatu Sneakers Dengan Benar

Beginilah Cara Merawat Sepatu Sneakers Dengan Benar

Jakarta – Merawat sepatu sneakers tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan karena bila salah dalam perawatan maka sepatu sneakers menjadi rusak atau cacat warnanya.

Beginilah Cara Merawat Sepatu Sneakers Dengan Benar

Lantas bagaimana cara mencuci atau membersihkan sepatu sneakers dengan baik dan benar?

Alat-alat yang harus dipersiapkan:
1. Sikat gigi yang tidak lagi terpakai.
2. Sabun (deterjen bubuk. Namun akan lebuh baik bila menggunakan deterjen cair).
3. Sabun khusus untuk sepatu kain (alternatif).
4. Sikat sepatu (jangan gunakan sikat kain biasa, karena bulu sikat kain biasanya jauh lebih keras dan kaku).
5. Baking soda.
6. Kertas bekas.
7. Semir sepatu.

Langkah-langkah membersihkan:
1. Jika sepatu yang akan anda cuci sangat kotor atau berlumpur, maka langkah pertama tunggulah kotoran tersebut sampai mengering, lalu jika sudah mengering maka tepuk tepuk lah sepatu tersebut agar kotoran yang sudah mengering tadi berjatuhan. Namun bila hanya sedikit bagian yang kotor, maka anda cukup bersihkan sepatu tersebut dengan sikat gigi bekas lalu basahi dengan air dan bersihkan bagian yang kotor tadi.

2. Langkah selanjutnya cuci sepatu dengan air hangat, gosok secara perlahan bagian dalam dan luar sepatu. Pada bagian yang tidak terjangkau dengan tangan gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Lalu pada bagian yang sangat kotor dan membandel maka gunakanlah baking soda lalu bilas dengan air dingin.

3. Perlu anda perhatikan, jika sepatu yang anda cuci adalah sepatu yang berwarna maka alangkah baiknya anda gunakan sabun atau detergen yang tidak mengandung pemutih. Lakukan pengetesan terlebih dahulu sabun atau detergen yang anda pakai dengan mengoleskan ke beberapa bagian dan lihat hasilnya sepatu anda warnanya menjadi luntur atau tidak.

4. Setelah sepatu selesai dicuci, peras sedikit sepatu anda dengan cara diputar agar kadar air menjadi berkurang. Lalu gantung sepatu secara terbalik di tempat yang banyak angin agar cepat kering. Jangan menjemurnya di bawah terik matahari yang sangat menyengat karena akan merusak sepatu.

5. Setelah kering maka semirlah sepatu anda agar sepatu anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Alangkah baiknya semir yang anda pakai adalah semir cair bukan semir yang berbentuk pasta atau gel karena semir jenis tersebut akan menimbulkan gumpalan dan susah untuk diratakan.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Wanita Asal Jerman Pengoleksi 17 Ribu Boneka Barbie

Inilah Wanita Asal Jerman Pengoleksi 17 Ribu Boneka Barbie

Jakarta – Ketika menyukai sesuatu tentu kita akan terobsesi untuk memilikinya bukan? Sama halnya dengan ...