Home > Ragam Berita > Nasional > Jelang Pencoblosan, Elektabilitas Agus Justru Merosot

Jelang Pencoblosan, Elektabilitas Agus Justru Merosot

Jakarta – Hasil penelitian yang dikeluarkan lembaga survei Indikator terhadap tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Berdasarkan hasil survei tersebut, elektabilitas pasangan petahana Ahok-Djarot lebih unggul daripada dua lawan politiknya, yakni Anies-Sandi dan Agus-Sylvi.

Jelang Pencoblosan, Elektabilitas Agus Justru Merosot

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanudin Muhtadi, menjelaskan dukungan warga DKI Jakarta menempatkan Ahok-Djarot di posisi pertama dengan persentase dukungan sebesar 39 persen. Disusul Anies-Sandi yang memperoleh 35,4 persen, kemudian Agus-Sylvi mendapat persentase dukungan 19,4 persen.

Baca juga : Jika Pilgub DKI Digelar 2 Putaran, Siapa Yang Pertama Kali Akan Tersingkir ?

“Dari hasil survei pasangan Ahok-Djarot dukungannya masih di posisi teratas. Kelompok yang belum menentukan pilihan sangat terbatas, tinggal sekitar 6.1 persen,” ujar Burhanudin di kantor Indikator, Cikini V, Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Menurut Burhanudin, keunggulan pasangan Ahok-Djarot karena kerja petahana dianggap bukti nyata.

“Ahok-Djarot didukung terutama karena dinilai ada bukti hasil kerjanya sebesar 42 persen dan berpengalaman di pemerintahan 25 persen. Untuk Anies-Sandi terutama karena dinilai pintar sebesar 18 persen dan kesamaan agama 16 persen dan pengalaman di pemerintahan 12 persen. Untuk Agus-Sylvi didukung terutama karena dinilai berwibawa (memperoleh dukungan) 32 persen,” ujarnya.

Meski berada di posisi pertama berdasarkan survei, Burhanudin mengatakan, dari tren dan elektabilitas sebenarnya Ahok-Djarot diam di tempat. Meski ada peningkatan, namun dia menilai pergerakan tersebut masih kalah dengan fluktuasi Anies-Sandi.

“Sebenarnya Ahok-Djarot ini stagnan persentasenya dibanding Anies-Sandi, karena suara yang dari Agus lebih banyak yang pindah ke Anies-Sandi dibanding Ahok-Djarot,” ucapnya.

“Dibandingkan dengan temuan bukan Januari yang lalu, dukungan terhadap Anies-Sandi mengalami peningkatan signifikan dari sekitar 23.8 persen menjadi 35.4 persen, Ahok-Djarot sedikit mengalami kenaikan dan Agus – Sylvi terus mengalami penurunan,” papar dia.

Survei yang menggunakan metode stratified systematic random sampling dilakukan selama 6 hari sejak 2-8 Februari dengan melibatkan 1000 responden. Namun hanya 621 responden yang berhasil diwawancarai dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 4.0 persen. (bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Masjid Tergenang Banjir, Jamaah Salat Tarawih di Jalan

Masjid Tergenang Banjir, Jamaah Salat Tarawih di Jalan

Nunukan – Banjir yang terjadi di Kecamatan Sembakung Nunukan, Kalimantan Utara mencapai ketinggian satu meter ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis