Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Kembali Keluarkan Pernyataan Kontroversial, Ini Tanggapan Para Tokoh Nasional

Ahok Kembali Keluarkan Pernyataan Kontroversial, Ini Tanggapan Para Tokoh Nasional

Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial pada saat memberikan kata sambutan pada acara sertiijab dari Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono kepada dirinya di Balai Kota Jakarta, Minggu (12/2/2017).

Ahok Kembali Keluarkan Pernyataan Kontroversial, Ini Tanggapan Para Tokoh Nasional

Dalam sambutannya tersebut Ahok sempat menyinggung soal UU Pilkada yang tidak memperbolehkan membawa-bawa isu SARA dalam Pilkada.

“Bapak-Ibu tahu persis kenapa pilih A, kenapa pilih B, kenapa pilih C. Jadi karena kalau berdasarkan agama, itu juga saya nggak melarang, ya nggak apa-apa, saya nggak mau berdebat soal itu. Karena soal itu, saya disidang. Tapi dapat saya katakan, jika begitu, Anda melawan konstitusi di NKRI jika milih orang berdasarkan agama,” ucap Ahok.

Tentu saja pernyataan Ahok yang menyebutkan “memilih seseorang berdasarkan agama melanggar konstitusi” ini langsung menimbulkan kontroversi dan memancing beberapa tokoh untuk ikut berkomentar.

“Ini orang kok ndak kapok-kapok, saenake dewe…Setiap orang bebas memilih siapapun .. apapun alasannya tidak melanggar konstitusi!!” ujar Rizal Ramli melalui akun Facebooknya.

“Memilih berdasar agama itu boleh, memilih tak berdasar agama juga boleh. Itu sama2 dilindungi oleh konstitusi,” ujar Machfud MD melalui akun Twitternya.

“Kita bangsa religius yg menjadikan agama sebagai acuan bersikap. Memilih cagub berdasar keyakinan agama sama sekali tak langgar konstitusi,” komentar Menag Lukman lewat Twitter.

Saat ditanya wartawan terkait landasan hukum dari pernyataannya tersebut, Ahok menjelaskan bahwa UU Pilkada yang mengaturnya.

“UU Pilkada melarang menggunakan SARA,” kata Ahok, Senin (13/2/2017).
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PAN Memastikan Akan Mengalihkan Dukungannya Untuk Anies-Sandi

PAN Memastikan Akan Mengalihkan Dukungannya Untuk Anies-Sandi

Jakarta – Berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) sejumlah lembaga survei, Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis