Home > Ragam Berita > Nasional > KPU Banten Musnahkan Puluhan Ribu Surat Suara Rusak

KPU Banten Musnahkan Puluhan Ribu Surat Suara Rusak

Tangerang – Sekitar 31.216 lembar surat suara unttuk Pilkada Banten 2017 dikabarkan rusak. Jumlah tersebut didapat dari inventarisasi yang digunakan dalam pilkada Banten. Karena itu, KPU Kota Tangerang Banten pun langsung memusnahkan surat suara yang rusak itu.

KPU Banten Musnahkan Puluhan Ribu Surat Suara Rusak

Surat suara rusak

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane di Tangerang pada Selasa (14/2/2017) mengatakan, ada empat jenis kerusakan surat suara tersebut. Di antaranya adalah 16.403 lembar surat suara rusak karena terlipat/kusut/mengerut, 429 lembar surat suara berlubang/sobek dibagian tengah/pinggir, 14.297 lembar rusak karena cetakan yang tak sempurna dan 87 lembar tidak terdapat cetakan atau kertas kosong.

Seluruh surat suara yang rusak tersebut sudah diganti sejak beberapa waktu lalu dan dilaporkan ke KPU Provinsi Banten. Kemudian, sebagai bentuk transparansi maka pada hari ini dilaksanakan pemusnahan surat suara rusak tersebut yang dilakukan dengan menggunakan mesin penghancur kertas.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk penerapan sistem ramah lingkungan sehingga tak dibakar karena akan menimbulkan polusi. “Kita hancurkan dengan mesin penghancur kertas dan dilakukan bersama dengan unsur lainnya sebagai bentuk transparansi,” ujarnya.

Baca juga: Pilgub DKI Bakal Mendapat Pengawalan dari GP Ansor Jakarta

Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim menuturkan, pihaknya menyambut baik dan telah melakukan pengawasan terhadap proses penggantian surat suara rusak itu. “Kita sudah periksa surat suara yang rusak itu karena kita ikut dalam proses pengawasan saat pelipatan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam proses pemusnahan surat suara rusak tersebut, dihadiri juga dari kepolisian, TNI dan perwakilan pasangan calon. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Tegaskan KJP Plus Jadi Program yang Diharapkan Warga Jakarta

Anies Tegaskan KJP Plus Jadi Program yang Diharapkan Warga Jakarta

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan program Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus masuk ...