Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Tidak Dinonaktifkan, Pengamat Hukum: Itu Pelanggaran Konstitusi

Ahok Tidak Dinonaktifkan, Pengamat Hukum: Itu Pelanggaran Konstitusi

Padang – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kini telah aktif kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hal tersebut pun dinilai telah melanggar hukum. Sebab, Kondisi tersebut bertentangan dengan beberapa. Menurut pengamat hukum dari Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Miko Kamal, pengaktifan kembali Ahok mengarah pada pelanggaran konstitusi.

Ahok Tidak Dinonaktifkan, Pengamat Hukum: Itu Pelanggaran Konstitusi

Ahok saat debat pilgub

“Menurut Pasal 83 ayat 1 UU No 23/2017, kepala daerah dan atau wakil kepala daerah yang sedang menjadi terdakwa pidana kejahatan yang diancam hukuman paling singkat lima tahun harus diberhentikan sementara dari jabatannya,” kata dia di Padang, Selasa (14/2/2017).

Dia menjelaskan, frasa paling sedikit lima tahun dan paling lama lima tahun tidak layak dijadikan perdebatan hukum karena sesungguhnya substansinya ada pada frasa tindak pidana kejahatan yang termuat di dalam Pasal 83 ayat 1 UU Nomor 23 Tahun 2014.

Artinya, pembuat UU mengamanatkan kepada pemerintah bahwa setiap kepala daerah dan atau wakil kepala daerah yang didakwa sebagai pelaku tindak pidana kejahatan harus diberhentikan sementara dari jabatannya. Kemudian, ia menilai frasa paling singkat lima tahun yang tertera di dalam Pasal 83 ayat 1 UU Nomor 23 Tahun 2014 bukan halangan hukum untuk memberhentikan sementara Basuki Tjahaja Purnama dari jabatannya.

Baca juga: Kiriman Air dari Bogor Bikin Kampung Pulo Kembali Terendam

Apalagi menggunakan dalih yang dibuat-buat oleh pihak-pihak tertentu bahwa seolah-olah dakwaan kejahatan yang dilakukan merupakan kejahatan ringan ataupun sedang. “Karena terdapat frasa selama-lamanya atau paling lama lima tahun dalam rumusan Pasal 156a KUHP,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Masjid Tergenang Banjir, Jamaah Salat Tarawih di Jalan

Masjid Tergenang Banjir, Jamaah Salat Tarawih di Jalan

Nunukan – Banjir yang terjadi di Kecamatan Sembakung Nunukan, Kalimantan Utara mencapai ketinggian satu meter ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis