Home > Ragam Berita > Nasional > Ketua KPU DKI Tegaskan Rekapitulasi Suara Segera Rampung

Ketua KPU DKI Tegaskan Rekapitulasi Suara Segera Rampung

Jakarta – Pilkada DKI 2017 telah rampung. Kini hanya tersisa penghitungan suara untuk menentukan yang berhak menjadi kepala daerah. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno menjelaskan, rekapitulasi suara sedang dilakukan dengan aplikasi Sistem Informasi Penghitungan (Situng). Prosesnnya pun telah mencapai 98,3%.

Ketua KPU DKI Tegaskan Rekapitulasi Suara Segera Rampung

Hanya tersisa 221 tempat pemungutan suara (TPS) yang belum terkumpul. Rinciannya adalah 162 TPS di Jakarta Timur dan 59 di Jakarta Pusat.

“Insya Allah hari ini semua rekapitulasi akan terkumpul semua dari seluruh TPS,” kata Sumarno di Auditorium Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (17/2/2017).

Sumarno melanjutkan, seharusnya data yang terkumpul sudah 100%. Namun, karena ada kesalahan teknis oleh pihak kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di TPS, sehingga data yang ada belum 100%.

“Dari TPS semua dokumen dimasukkan ke kotak suara. Lalu kotak suaranya dikunci, digembok, disegel. Tapi ada data yang seharusnya di luar kotak, yang mau di bawa ke mari. Nah, ini petugas KPPS seharusnya dibawa ke mari malah dimasukkan ke dalam kotak juga. Saking katanya nanti hilang, nanti kehujanan, maksudnya baik, tapi enggak prosedural,” jelasnya.

Hasil situng, kata Sumarno, bukan hasil resmi KPU. Dia menyebut hasil resmi KPU baru akan ditentukan berdasarkan penghitungan rekapitulasi secara bertingkat.

“Jadi, hasil resmi ditentukan dari penghitungan secara rekapitulasi secara bertingkat, mulai dari kecamatan hingga provinsi,” ungkapnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Di Hari Raya Idul Fitri Para Petinggi GNPF MUI Temui Presiden Jokowi

Di Hari Raya Idul Fitri Para Petinggi GNPF MUI Temui Presiden Jokowi

Jakarta – Pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Minggu (25/6/2017), Presiden ...