Home > Ragam Berita > Nasional > Jika Maju Pilgub Jatim, Agus Akan Berhadapan Dengan 4 Tokoh Besar Ini

Jika Maju Pilgub Jatim, Agus Akan Berhadapan Dengan 4 Tokoh Besar Ini

Jakarta – Dari hasil hitung cepat, Agus Harimurti Yudhoyono memang kalah telak dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, namun hal tersebut terbilang wajar mengingat putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu masih sangat hijau di dunia politik.

Jika Maju Pilgub Jatim, Agus Akan Berhadapan Dengan 4 Tokoh Besar Ini

Agus Harimurti Yudhoyono

Seperti dilansir dari Tribunnews, Jumat (17/2/2017), Agus yang berpasangan dengan Sylviana Murni hanya meraih suara sebesar 17,38 persen, menurut penghitungan Litbang Kompas. Sementara dua pasangan calon lainnya, Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat mendapat perolehan suara 42,88 persen dan Anies Anies Baswedan – Sandiaga Uno menyusul dengan perolehan suara 39,74 persen.

Ketua Kordinator Majelis Pusat Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), bidang Politik Dalam Negeri, Muhammad Qodari mengatakan, meskipun kalah AHY tidak merugi.

Hal ini karena, pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta, AHY mendapat sorotan yang besar dari media.

“Bahkan konon kabarnya ada warga di daerah yang waktu mau mencoblos, nyarinya foto Agus, Ahok dan Anies,” ujar Qodari, Kamis (16/2) kemarin.

Dengan ikut Pilkada DKI Jakarta 2017, maka semakin banyak orang yang mengenal sosok Agus. Ia pun percaya, Agus akan sangat berpotensi diusung Partai Demokrat dalam Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang untuk menggantikan Pakde Karwo yang sudah dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur.

Baca juga:
Catut SBY Dalam Kasusnya, Pernyataan Antasari Termasuk Pencemaran Nama Baik
Anies Baswedan Sangat Yakin Sukses di Putaran Kedua Pilgub DKI 2017

Akan tetapi Pilkada Jawa Timur juga bukan kompetisi yang mudah dimenangkan. Setidaknya ada 4 tokoh besar yang akan menjadi saingan berat Agus jika mencalonkan diri.

1. Saifullah Yusuf
Saifullah Yusuf telah dua kali mendampingi Soekarwo sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Ia menjadi Wakil Gubernur sejak menang dalam Pilkada Jawa Timur 2008.

2. Khofifah Indar Parawansa
Menteri Sosial, Kabinet Kerja periode 2014 – 2019 ini mengaku, beberapa kali disebut sebagai salah diantara kandidat Gubernur Jatim pada Pilkada 2018 mendatang. Dia sudah pernah mencalonkan diri pada Pilgub Jatim 2008 dan 2013, namun belum pernah terpilih.

3. Abdul Halim Iskandar
Abdul Halim Iskandar, Ketua DPW PKB dan Ketua DPRD Jawa Timur ini adalah kakak Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

4. Tri Rismaharini
Tri Rismaharini adalah Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak 17 Februari 2016, juga periode sebelumnya. Kemungkinan besar PDIP akan mengusung nama Risma dalam bursa pencalonan Gubernur Jawa Timur 2018 kelak.

(Bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Awal Ramadhan, PBNU Pantau Hilal di 90 Titik

Awal Ramadhan, PBNU Pantau Hilal di 90 Titik

Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lajnah Falakiyah PBNU telah siap memantau hilal ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis