Home > Ragam Berita > Internasional > Nadia Ahmed Abdou Saleh Jadi Gubernur Perempuan Pertama di Mesir

Nadia Ahmed Abdou Saleh Jadi Gubernur Perempuan Pertama di Mesir

Damanhur – Mesir tampaknya membuat langkah baru dalam pemerintahannya. Mereka kini melantik seorang perempuan sebagai gubernur. Dia adalah Nadia Ahmed Abdou Saleh. Pelantikan gubernur Provinsi Beheira tersebut dipimpin langsung Presiden Mesir Abdel Fattah al Sisi.

Nadia Ahmed Abdou Saleh Jadi Gubernur Perempuan Pertama di Mesir

Presiden Mesir Abdel Fattah al Sisi saat melantik Nadia Ahmed Abdou Saleh

Saleh membacakan sumpah jabatannya bersama sembilan menteri baru dan empat gubernur baru lainnya pada Kamis 16 Februari waktu setempat. Dia sebelumnya bertugas sebagai wakil gubernur Nidle Delta, Provinsi Beheira sejak 2013.

Sebagaimana diberitakan The New Arab pada Jumat (17/2/2017), penunjukkan Saleh juga mematahkan tradisi pemilihan pejabat di Mesir yang selama ini selalu dicalonkan dari kalangan polisi dan petinggi militer. Apalagi untuk posisi setingkat gubernur dan berada di perbatasan internasional.

Melansir Ahram, Saleh diketahui pernah berprofesi sebagai insinyur. Selain Saleh, empat gubernur lain yang dilantik meliputi Gubernur Alexandria Mohamed Ali Sultan. Sebelumnya dia pernah berprofesi sebagai dokter dan menjabat sebagai kepala Departemen Kesehatan dan Pelayanan Medis di Kementerian Kesehatan.

Gubernur Qalioubiya adalah Jenderal Mahmoud Abdel-Ghaffar Afifi. Tentara angkatan darat itu sebelumnya menjabat Gubernur El-Wadi El-Gedid. Posisinya kemudian digantikan oleh mantan Angkatan Darat Jenderal Mohamed Salman Moussa el-Zamlot.

Terakhir, Ahmed Ali El-Shaarawy dilantik menjadi Gubernur Menoufiya Gubernuran . Ia sebelumnya dikenal sebagai Gubernur Daqahliya sekaligus Kepala Institut Hati Nasional.

Selain mengganti jajaran kepala daerah, Presiden Sisi juga melakukan perombakan kabinet. Pada Maret 2016, Mesir mengangkat 10 menteri baru, antara lain Menteri Keuangan, Investasi dan Pariwisata. Sementara, parlemen sejak 2015 masih di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Sherif Ismail. (Tita Yanuanari – hariaindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kakak Tirinya Tewas Dibunuh, Kim Jong Un Justru Gelar Pesta

Kakak Tirinya Tewas Dibunuh, Kim Jong Un Justru Gelar Pesta

Pyongyang – Kabar tewasnya Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis