Home > Ragam Berita > Internasional > Rodrigo Duterte Diduga Simpan Ratusan Juta Dolar Amerika yang Tidak Dilaporkan

Rodrigo Duterte Diduga Simpan Ratusan Juta Dolar Amerika yang Tidak Dilaporkan

Manila – Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte belum lama ini harus mengahadapi tuduhan. Dia diduga menyimpan uang senilai jutaan dolar Amerika Serikat (AS) di dalam rekening. Dugaan tersebut diungkapkan Senator Antonio Trillanes.

Rodrigo Duterte Diduga Simpan Ratusan Juta Dolar Amerika yang Tidak Dilaporkan

Presiden Filipina Rodrigo Duterte

Dia merilis sejumlah dokumen yang disebut sebagai riwayat transaksi rekening Presiden Duterte dari 2006-2015 dengan jumlah mencapai PHP 2,4 miliar (setara Rp639 miliar) ke sejumlah rekening, termasuk istri sah Duterte, Honeylet Avancena.

Rekening-rekening tersebut tidak dilaporkan oleh Duterte saat mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina pada Mei 2016. Beberapa rekening tersebut tercantum atas nama orang lain yang dekat dengannya, tetapi Trillanes yakin semua adalah rekening milik Rodrigo Duterte.

“Jika tuduhan saya ini terbukti salah, saya akan segera mengundurkan diri sebagai senator. Presiden sangat lantang dalam kampanye memberantas korupsi, tapi bagaimana kita bisa berharap dia memecahkan masalah tersebut ketika dirinya memiliki jumlah uang mencurigakan di dalam rekeningnya?” ucap Antonio Trillanes sebagaimana diberitakan Reuters pada Kamis (16/2/2017).

Baca juga: Sehwan Diguncang Bom, Sekitar 70 Orang Tewas

Mantan anggota Angkatan Laut Filipina berpangkat letnan itu pernah melancarkan tuduhan serupa pada 2016 karena mantan wali kota Davao City tersebut diduga merahasiakan rekening pribadinya. Penasihat Hukum Duterte, Salvador Panelo, menyebut tuduhan tersebut sebagai isu lain. Trilannes dianggapnya hanya ingin mencari publisitas.

Juru bicara Kepresidenan Filipina Ernesto Abella menuturkan, Rodrigo Duterte bisa saja merilis riwayat transaksi perbankan miliknya jika dibutuhkan. Akan tetapi, hal itu bukan untuk membuktikan tuduhan Senator Antonio Trillanes. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kakak Tirinya Tewas Dibunuh, Kim Jong Un Justru Gelar Pesta

Kakak Tirinya Tewas Dibunuh, Kim Jong Un Justru Gelar Pesta

Pyongyang – Kabar tewasnya Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis