Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tips Sehat Menaikkan Berat Badan

Tips Sehat Menaikkan Berat Badan

Jakarta – Hampir serupa dengan menurunkan berat badan, menaikkan berat badan merupakan salah satu tujuan hidup sebagian orang. Selama ini, kebanyakan orang mengeluhkan memiliki berat badan berlebih dan perjuangan mereka menurunkan berat badan.

Tips Sehat Menaikkan Berat Badan

Menu Sehat

Tetapi terdapat sebagian orang yang justru berjuang untuk menaikkan berat badan. Faktor-faktor seperti genetika, obat, stres, masalah kesehatan kronis dan masalah kesehatan mental, bisa menjadi pemicu masalah berat badan.

Jika Anda termasuk orang yang ingin terlihat lebih gemuk, berikut beberapa tips sehat menaikkan berat badan Anda seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (18/2/2017):

1. Periksa kesehatan fisik
Jika menaikkan berat badan terasa menyulitkan bagi Anda, sebaiknya periksakan ke dokter. Beberapa kondisi kesehatan kronis seperti hipertiroidisme dan beberapa masalah pencernaan seperti penyakit Chron dapat menyebabkan penurunan berat badan. Selain itu, Anda mungkin memiliki sistem metabolisme yang tinggi.

2. Periksa kesehatan mental
Beberapa orang mungkin akan kehilangan berat badan selama stres atau mengalami depresi. Apabila masalah depresi atau stres mengganggu kesehatan, ada baiknya mengunjungi ahli untuk mengatasi masalah emosional yang mendasari tubuh Anda kurang nafsu makan.

3. Perbanyak makan
Banyak orang yang ingin menaikkan berat badan selalu makan dalam porsi besar. Padahal, lebih baik bagi Anda untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering. Makan setiap dua sampai tiga jam dapat membantu Anda mendapatkan banyak kalori. Hal ini juga dapat membantu mengurangi beberapa ketidaknyamanan saluran pencernaan Anda.

4. Minum smoothies dan milk shake
Cairan padat energi adalah cara muda untuk mengambil lebih banyak kalori tanpa merasa kenyang berlebihan. Ini lebih mudah untuk minum lebih banyak kalori dibanding makan kalori bentuk padat. Cairan kalori seperti susu dan jus juga dapat ditambahan atau digunakan untuk mengganti cairan.

5. Fokus pada makanan padat kalori yang sehat
Sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan makanan yang sehat dan bernutrisi, tidak hanya padat kalori. Berat badan berlebih karena kalori yang berasal dari sumber makan tak sehat dapat memicu masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes dan penyakit jantung.

Selain itu, jika tubuh tidak mendapatkan makanan sehat, Anda akan berisiko mengalami kekurangan gizi meski berat badan naik. cara terbaik untuk meningkatkan asupan makan dengan berbagai makanan yang seimang karbohidrat, lemak dan protein.

Baca juga: Ini Dia Ciri-Ciri Jantung Anda Sehat

6. Mengurangi kardio
Bagi sebagian orang, olahraga terlalu berat dapat membahayakan hingga Anda mencapai ukuran berat badan tertentu. Rumsey mengatakan, bagi orang yang ingin menaikkan berat badan, sebaiknya latihan kekuatan dan lakukan hanya sedikit saja kardio. Memang, olahraga angkat beban dapat membakar kalori. Tetapi, Anda juga akan mendapatkan massa otot. Olahraga yang sedikit juga dapat membantu merangsang nafsu makan Anda. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Selain Bawang Putih, Beberapa Bahan Alami Ini Dapat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Selain Bawang Putih, Beberapa Bahan Alami Ini Dapat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Jakarta – Bawang putih memang tidak disukai beberapa orang. Alasannya, bawang putih tersebut memiliki bau ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis