Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 8 Makanan Penyebab Keguguran, Mitos atau Fakta?

8 Makanan Penyebab Keguguran, Mitos atau Fakta?

Jakarta – Keguguran pada ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya makanan. Itu sebabnya, ibu yang sedang hamil harus memilah-milah asupan makanan demi kesehatan dirinya dan janin.

8 Makanan Penyebab Keguguran, Mitos atau Fakta?

Penyebab Keguguran

Tujuh makanan berikut ini konon katanya dapat menyebabkan keguguran. Meski belum dibuktikan dengan penelitian ilmiah, tak ada salahnya menghindari makanan ini saat hamil. Berikut ulasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (18/2/2017):

1. Seafood asap

Ada baiknya untuk menghindari makanan ini selama kehamilan. Seafood asap bisa saja terkontaminasi listeria, yakni bakteri yang bersofat patogen, yang bisa menyebabkan infeksi dan keguguran.

2. Telur mentah

Bila sedang hamil, sebaiknya menghindari makanan mentah atau dimasak setengah matang. Misalnya telur setengah matang atau mayonaise yang buatan sendiri. Pastikan putih dan kuning telur matang sebelum Anda menyantapnya. Hal ini akan membantu mencegah potensi resiko keracunan makanan dari bakteri salmonella.

3. Susu yang tidak dipasteurasi

Ibu hamil disarankan menghindari minum susu mentah atau yang belum terpasteurasi. Sama seperti telur mentah, susu mentah dapat menyababkan keracunan.

4. Hati hewani

Meskipun hati hewan itu bergizi, namun ini bisa membahayakan ibu hamil. Sebab hati hewan dapat mengandung racun yang terdapat pada hewan yang terinfeksi atau sakit. Hati juga mengandung tinggi vitamin A dan kolesterol. Mengkonsumsinya secara berlebihan bisa berpengaruh pada janin dan berpotensi keguguran.

5. Lidah buaya

Mengonsumsi lidah buaya ketika hamil dapat menyebabkan pendarahan pada pinggul yang berlanjut pada keguguran. Dianjurkan untuk menghindari semua jenis produk lidah buaya selama trimester pertama kehamilan.

6. Pepaya

Pepaya, terutama pepaya hijau diyakini menyebabkan keguguran. Alasannya adalah pepaya mengandung enzim yang dapat menyebabkan kontraksi rahim dan membuat keguguran.

7. Nanas

Jus nanas biasanya lebih banyak disukai, karena prosesnya mudah dan cepat. Tapi nanas mengandung bromelain, yang dapat membuat otot rahim halus dan mengakibatkan keguguran. Apabila mengkonsumsinya pada tiga bulan pertama kehamilan, akan mengakibatkan keguguran.

Baca juga: Sembelit? Hindari 7 Hal Ini

8. Pohon drumstick

Salah satu makanan yang paling berbahaya dikonsumsi ibu hamil adalah pohon kelor (drumstick). Hal ini disebabkan karena pohon kelor mengandung alpha-sitosterol yang, yang dapat memperburuk struktur esterogen dan berujung pada keguguran. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hati-hati, Gaya Ciuman Ini Menyimpan Efek Negatif Bagi Kesehatan

Hati-hati, Gaya Ciuman Ini Menyimpan Efek Negatif Bagi Kesehatan

Jakarta ā€“ Salah satu cara untuk menunjukkan rasa saying kepada pasangan adalah dengan ciuman. Perlu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis