Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Cara Menghilangkan Bau Kambing Saat Mengolahnya Menjadi Masakan

Cara Menghilangkan Bau Kambing Saat Mengolahnya Menjadi Masakan

Jakarta – Daging kambing merupakan salah satu bahan makanan yang digemari. Selain rasanya yang lezat, daging kambing juga mudah untuk diolah menjadi masakan.

Cara Menghilangkan Bau Kambing Saat Mengolahnya Menjadi Masakan

Namun demikian, bagi sebagaian orang aroma daging kambing memiliki bau khas yang langsung membuat pusing bagi yang tidak tahan.

Namun sebenarnya, ‘bau kambing’ ini dapat dihilangkan dengan mudah kok bila Anda mengetahui tipsnya.

Berikut delapan langkah mudah menghilangkan aroma kambing pada saat memasak:

1. Singkirkan Lemaknya
Sebagian besar aroma prengus pada daging kambing berasal dari lapisan lemak yang menempel pada daging. Untuk mengatasinya, hilangkan lapisan lemak yang menempel dengan cara mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

2. Jangan Dicuci
Normalnya daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Tetapi kalau anda melakukan ini terhadap daging kambing, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam. Sebaiknya anda langsung merebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa.

3. Taburi Garam
Kalau daging kambing yang anda dapatkan sudah terlanjur dicuci, anda bisa menambahkan taburan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap. Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

4. Rebus Dengan Repah-Rempah
Kalau anda lebih suka mencuci daging lebih dulu, sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

5. Baluri Dengan Parutan Nanas
Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

6. Baluri Dengan Parutan Pir
Selain buah nanas, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Di negara Barat, penggunaan buah untuk melunakkan daging lebih umum daripada menggunakan nanas. Caranya sama saja seperti nanas. Parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

7. Bungkus Dengan Daun Pepaya
Daun-daunan bisa dimanfaatkan juga untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing. Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

8. Lumuri Dengan Jeruk Nipis
Jeruk nipis punya banyak manfaat untuk mengolah daging kambing. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resep Sambal Goreng Ati yang Nikmat dan Menggugah Selera

Resep Sambal Goreng Ati yang Nikmat dan Menggugah Selera

Jakarta – Menu sambal goreng ati biasanya disajikan bila ada acara hajatan atau hari raya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis