Home > Gaya Hidup > Suka Makan Daging Kambing? Imbangi Efek Negatifnya Dengan 5 Makanan Ini

Suka Makan Daging Kambing? Imbangi Efek Negatifnya Dengan 5 Makanan Ini

Jakarta ā€“ Anda suka menyantap makanan yang terbuat dari daging kambing? Tentunya Anda tahu bahwa daging kambing mempunyai efek negatif bagi kesehatan bila dikonsumsi terlalu banyak, khususnya bagimereka yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Suka Makan Daging Kambing? Imbangi Efek Negatifnya Dengan 5 Makanan Ini

Lantas apa yang harus dilakukan bila Anda ingin menyantap daging kambing namun juga ingin menangkal efek negatifnya?

Berikut ini 5 makanan pendamping yang ampuh menangkal dampak negatif daging kambing:

1. Acar Timun dan Bawang
Suka makan sate kambing? Kalau begitu, jangan lupa menyantap acar timun dan bawang merah mentah yang jadi pelengkapnya. Tak cuma menetralisir pekatnya rasa sate, acar ini juga bisa membantu menetralisir kolesterol jahat pada olahan daging.

Bawang merah mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Timun juga memiliki khasiat yang sama.

2. Teh
Buat pendamping sajian gulai atau sate, anda bisa menyiapkan segelas teh tawar untuk pelepas dahaga. Selain itu, teh bisa menjaga kadar kolesterol LDL.

Anda bisa memilih teh hitam yang sedikit pekat atau teh putih yang lebih ringan. Segelas teh hijau juga bisa dijadikan alternatif sehat. Teh mengandung katekin yang ampuh untuk membersihkan kolesterol jahat dalam darah.

3. Jus Jeruk
Tidak suka mengkonsumsi teh tawar? Kalau begitu ganti saja dengan jus jeruk tanpa gula. Minuman yang terbuat dari buah sitrus seperti lemon, jeruk, dan limau mengandung pectin. Pectin ini bisa menurunkan kadar kolesterol sampai 7 persen.

Jus jeruk dalam kemasan juga bisa dipilih sebagai alternatif. Jus seperti ini biasanya ditambahkan phytosterol. Phytosterol merupakan kolesterol baik yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Sambal Tomat
Kalau Anda menyantap iga bakar atau kambing guling, coba siapkan sambal tomat matang sebagai pelengkap. Tomat kaya akan kandungan lycopene yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Tomat yang sudah mengalami proses pemanasan mengandung lycopene dengan kualitas yang lebih baik. Rebus atau bakar sedikit irisan tomat sebelum diolah menjadi sambal untuk dapatkan khasiat terbaiknya.

5. Almond
Tak ada salahnya mengakhiri acara bersantap daging kambing dengan ngemil almond. Menurut Dr. Oz, almond mengandung lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL dalam darah. Selain itu lemak tak jenuh dalam almond juga mencegah LDL teroksidasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mengejutkan! Roti yang dibakar Bisa Picu Masalah Kesehatan

Mengejutkan! Roti yang dibakar Bisa Picu Masalah Kesehatan

Jakarta – Ilmuwan sudah berkali-kali memperingatkan jika akanan bertepung seperti roti dan kentang, harus dimasak ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis