Jakarta – Proses penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) 29, RT 07/RW 05 Kelurahan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan akhirnya rampung dilakukan. Penghitungan suara yang selesai pada pukul 15.15 Wib tersebut menempatkan pasangan Anies Baswedan- Sandiaga Uno sebagai peraih suara terbanyak.

Dhani Ingin Anies Jadi Gubernur Agar Prabowo Jadi Presiden

Anies-Sandi

Dengan perolehan yang sebesar 385 suara, pasangan ini mengungguli dua pasang calon gubernur DKI Jakarta lainnya. Pasangan Basuki Tjahaja Purnama- Djarot Saiful Hidayat hanya mendapatkan perolehan 19 suara, sedangkan pasangan Agus Yudhoyono- Sylviana Murni hanya mendapatkan tujuh suara.

Total daftar pemilih tetap (DPT) di TPS yang menggelar pemungutan suara ulang tersebut berjumlah 412 orang. Sementara itu, satu suara dinyatakan tidak sah.

Mengetahui penghitungan suara sudah selesai, warga yang sebagian besar mendukung Anies-Sandi langsung berteriak kegirangan. Bahkan ada yang langsung melantunkan salawat dan takbir.

Sebelumnya, pada pemungutan suara 15 Februari lalu memang menempatkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendapatkan perolehan suara terbanyak 345 suara, peringkat kedua ditempati oleh Agus-Sylvi dengan perolehan 77 suara. Sementara, Basuki dan Djarot hanya mendapatkan 29 suara.

Jumlah DPT pada pemungutan ulang tersebut menurun sekitar 10 persen dibanding pemungutan suara pada 15 Februari. Saat itu, tercatat 456 orang mencoblos. Sebanyak 451 suara sah dan lima lainnya dinyatakan tidak.

“Pemilih TPS 29 DPT (berjumlah) 491, DPTB (pemilih tambahan) 21,” kata Ketua KPUD Jakarta Selatan, Muhammad Ikbal di TPS 29, Minggu (19/2/2017).

Baca juga: Dhani Ingin Anies Jadi Gubernur Agar Prabowo Jadi Presiden

TPS 29 Kalibata terpaksa menjalani pemilihan suara ulang dikarenakan Bawaslu DKI Jakarta menemukan pelanggaran berupa pemilih yang mewakili anggota keluarganya yang tidak dapat hadir dalam hari pemungutan suara Pilkada DKI 2017 pada 15 Februari 2017 lalu. (Yayan – www.harianindo.com)