Home > Ragam Berita > Ekonomi > Sri Mulyani Mengklaim Kondisi RI Saat Ini Lebih Baik Dibanding Negara Lain

Sri Mulyani Mengklaim Kondisi RI Saat Ini Lebih Baik Dibanding Negara Lain

Jakarta – Dalam beberapa tahun terakhir ini, defisit anggaran pemerintah terus mengalami trend kenaikan. Padahal jika melihat tahun 2008 silam, defisit anggaran masih berada di kisaran 0,08 persen, atau Rp4,1 triliun terhadap produk domestik bruto.

Sri Mulyani Mengklaim Kondisi RI Saat Ini Lebih Baik Dibanding Negara Lain

Menteri Keuangan, Sri Mulyani

Terkait hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui, kenaikan defisit setiap tahunnya memang mengerek total utang pemerintah. Pada tahun lalu, total utang mencapai angka Rp3,466,9 triliun. Sehingga, rasio utang terhadap PDB tahun lalu mencapai 27,5 persen.

Meskipun defisit anggaran terus mengalami kenaikan, akan tetapi perekonomian Indonesia tetap sanggup menunjukkan pertumbuhan yang relatif menggembirakan jika dibandingkan dengan sejumlah negara lainnya. Bahkan, rasio utang Indonesia pun masih relatif jauh lebih rendah dari negara-negara lain.

“Kenaikan defisit di atas dua persen, memang menyebabkan kenaikan jumlah utang tiap tahun. Tapi kalau dilihat dari sisi size (besaran), ekonomi kita terus maju,” kata Ani, sapaan akrab Sri Mulyani dalam sebuah diskusi di gedung parlemen, Jakarta, Senin (20/2/2017).

Negara berkembang lainnya seperti India, telah mencatatkan pertumbuhan ekonomi di kisaran 6,8-7 persen. Namun, defisit anggaran India tembus 7,2 persen, sehingga rasio utang mereka dalam tiga tahun terakhir melonjak hingga 25 persen, atau setara dengan rata-rata seluruh utang pemerintah.

Baca Juga : Rumah Seharga 100 jutaan per Unit dipamerkan di IPEX 2017

Lalu selanjutnya ada Yunani dan Jepang yang saat ini rasio utangnya masing-masing di kisaran 200 persen, dan 20 persen. Lalu, Amerika Serikat dan Jerman yang memiliki rasio utang relatif tinggi. Hanya beberapa negara latin seperti Peru dan Kolombia yang memiliki rasio utang sehat.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Arcandra Punya Jurus Baru Kejar Produksi Minyak 800.000 Barel Perhari

Arcandra Punya Jurus Baru Kejar Produksi Minyak 800.000 Barel Perhari

Jakarta – Arcandra Tahar selaku Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral mengungkapkan pertemuan terkait lifting ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis