Home > Ragam Berita > Internasional > Mehriban Aliyeva Diangkat sebagai Wakil Presiden Azerbaijan

Mehriban Aliyeva Diangkat sebagai Wakil Presiden Azerbaijan

Washington – Mehriban Aliyeva diangkat sebagai wakil presiden.Dia adalah istri Presiden Ihlam Aliyev. Tentu, kejadian tersebut merupakan salah satu bentuk nepotisme.

Mehriban Aliyeva Diangkat sebagai Wakil Presiden Azerbaijan

Presiden Azerbaijan Ihlam Aliyev dan Wakil Presiden Mehriban Aliyeva

Pengangkatan wapres ini termaktub dalam dekrit yang diumumkan resmi di laman kepresidenan Azerbaijan sebagaimana diberitakan AFP pada Selasa (21/2/2017).

Namun, dekrit tersebut tidak menyebutkan secara spesifik tugas Mehriban yang kini berusia 52 tahun itu dalam jabatan barunya. Meskipun demikian, undang-undang di negara tersebut menyebutkan bahwa wakil presiden pertama akan mewakili presiden pada saat presiden sedang bertugas ke luar negeri.

Jabatan wakil presiden dan wakil presiden pertama yang merupakan jabatan lebih senior diperkenalkan pada tahun lalu setelah undang-undang referendum memberikan jalan pelimpahan kekuasaan presiden jika presiden tidak mampu menjalankan pemerintahan.

Referendum itu juga memperpanjang masa jabatan presiden dari lima tahun menjadi tujuh tahun. Dalam voting pendahuluan telah membatalkan pembatasan masa jabatan kepresidenan.

Baca juga: Aturan Kebijakan Imigrasi Baru Bakal Segera Diberlakukan Trump

Jabatan wakil presiden lainnya sampai saat ini masih lowong. Sejumlah lembaga di Eropa dan badan hak asasi manusia menuduh pemerintahan Azerbaijan mengekang kebebasan berekspresi. Namun pemerintahan Azerbaijan menolak tuduhan itu.

Ihlam Aliyev mulai berkuasa pada 2003 menggantikan ayahnya, Heydar, yang memerintah negara kaya minyak itu sejak 1993. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kebijakan Baru Trump Berpotensi Deportasi Jutaan Orang Dari AS ?

Kebijakan Baru Trump Berpotensi Deportasi Jutaan Orang Dari AS ?

Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Donald Trump, menaruh perhatian kepada permasalahan imigran gelap. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis