Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Resep : Cara Membuat Masakan Vegetarian Gluten Yang Menyehatkan dan Juga Lezat

Resep : Cara Membuat Masakan Vegetarian Gluten Yang Menyehatkan dan Juga Lezat

Jakarta – Untuk bisa mengatur pola makan yang sehat, tak sedikit orang yang menjadi seorang vegetarian. Seperti yang telah di ketahui jika vegetarian merupakan menjaga pola makan tanpa memakan daging-dagingan. Tak perlu khawatir untuk menjadi seorang vegetarian karena sebenarnya banyak sekali resep masakan vegetarian yang memiliki citarasa sangat lezat untuk di santap.

Resep : Cara Membuat Masakan Vegetarian Gluten Yang Menyehatkan dan Juga Lezat

Gluten

Jika anda adalah seorang vegetarian, anda bisa mencoba menyantap makanan yang satu ini yang bernama gluten. Gluten sendiri akan menjadi pengganti daging bagi Anda yang rindu dengan citarasa dari daging. Gluten bisa di jadikan sebuah resep masakan vegetarian yang sangat lezat dan juga menyehatkan pastinya. Berikut ini resep cara membuat gluten, seperti yang dikutip dari reseponline.info.

Bahan : 

  • Kurang lebih 9 mangkok tepung terigu
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 3 Mangkok air matang
  • Kecap

Baca Juga :  Resep Lodeh Terong Ayam Praktis dan Lezat

Cara Membuat :

  1. Langkah yang pertama adalah masukan tepung kedalam sebuah wadah besar, kemudian beri garam secukupnya sesuai dengan selera namun pastikan tak berlebihan. Setelah itu tuangkan air yang telah di sediakan sebelumnya sedikit demi sedikit sampai dengan adonan menjadi sangat kental. Kekentalan adonan ini sangat mempengaruhi tekstur dari gluten, jika ingin tekstur gluten yang kenyal maka cukup beri sedikit air, dan sebaliknya jika ingin tekstur gluten yang lembut maka beri banyak air.
  2. Setelah itu, biarkan adonan selama kurang lebih 5 jam di tempat yang bersih sambil di tutupi kain basah. Jika sudah 5 jam, cuci adonan di bawah air mengalir sedikit demi sedikit sampai di dapatkan sarinya ataupun hasil yang berbentuk seperti karet. Cuci hingga air cucian jernih.
  3. Setelah proses pencucian selesai, maka ambilah sari gluten dengan cara menggulung-gulung. Setelah sari gluten terkumpul, siapkan sebanyak 1/2 liter air, kemudian beri 1 sendok teh garam halus dan juga 3 sendok makan kecap. Aduk sampai terlarut kemudian rendam gluten ke dalam campuran bumbu tersebut selama semalaman.
  4. Setelah proses perendaman gluten selesai, selanjutnya adalah rebus gluten berbumbu dengan air mendidih suhu sekitar 70-80 oC ataupun dengan api kecil selama kurang lebih 5-10 jam. Untuk proses perebusan ini bisa dilakukan sesuai dengan selera karena pada dasarnya makin lama proses perebusan dilakukan, makan akan makin baik kualitas serat yang bisa dihasilkan. Bahkan proses perebusan yang lama ini juga sangat menentukan tekstur gluten seperti daging asli loh.
  5. Ketika proses perebusan telah selesai, maka dinginkan terlebih dahulu gluten yang di hasilkan. Kemudian goreng gluten dalam minyak mendidih, jangan terlalu lama, hanya sampai berwarna kecoklatan saja.
  6. Setelah itu, gluten bisa disimpan dalam lemaripendingin dan gunakan kapan saja untuk memasak berbagai varian resep yang Anda inginkan.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resep : Membuat Bakwan Jagung Bayam Yang Gurih

Resep : Membuat Bakwan Jagung Bayam Yang Gurih

Jakarta – Disini, akan dijelaskan tentang Resep cara membuat Bakwan Jagung Bayam cocok untuk anda ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis