Home > Ragam Berita > Ekonomi > Freeport Ancam PHK 3.000 Karyawannya, Pengamat Nilai Itu Lagu Lama

Freeport Ancam PHK 3.000 Karyawannya, Pengamat Nilai Itu Lagu Lama

Jakarta – PT Freeport Indonesia (PTFI) mengancam akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 3.000 karyawannya dan mengubah status 12.000 karyawan tetapnya menjadi karyawan kontrak karena produksi dihentikan sementara selama 10 hari ke depan menyusul belum dicapainya kesepakatan dengan pemerintah Indonesia terkait status perusahaan PTFI.

Freeport Ancam PHK 3.000 Karyawannya, Pengamat Nilai Itu Lagu Lama

Menurut pengamat Sumber Daya Alam dari Universitas Tarumanegara, Ahmad Redi, ancaman yang dilakukan oleh PTFI ini merupakan ‘lagu lama’ karena PTFI juga pernah melakukannnya pada 2014 lalu saat gagal merealisasi pembangunan smelternya.

“Pengorbanan karyawan, itu lagu lama lah, kan dulu juga pernah tahun 2014, akhirnya kita (pemerintah) kasih waktu tiga tahun (untuk ekspor),” kata Redi di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Padahal menurut Redi, kegagalan membangun smelter bukanlah kesalahan karyawannya namun jelas merupakan kesalahan perusahaan sendiri. Tapi PTFI justru mengancam pemerintah dengan akan melakukan PHK terhadap karyawannya.

“MK (Mahkamah Konstitusi) juga mengatakan, kalau itu adalah kesalahan perusahaan, dan kemudian jangan gara-gara dia (Freeport) salah malah karyawan yang dikorbankan,” tutur Redi.

Karena itu, Redi berharap dalam rentang waktu 120 hari yang diberikan antara pemerintah dan pihak PTFI dapat melakukan negosiasi guna mencari solusi yang terbaik bagi keduanya.

“Paling enggak waktu 120 hari ini (sebelum Arbitrase), pintu lobi terbuka lah. Dengan sekitar empat bulan ini, agar pemerintah berpikir lah untuk bisa memaksakan kehendaknya mengubah KK jadi IUPK,” tuturnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ahok Dijadwalkan Juga Ikut Sambut Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma

Ahok Dijadwalkan Juga Ikut Sambut Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan menjadi salah seorang pejabat yang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis